Home / Berita / Pemerintahan / Puluhan Seniman Gelar Gladi Bersih Jumenengan RAA Tjokronegoro I

Puluhan Seniman Gelar Gladi Bersih Jumenengan RAA Tjokronegoro I

Gladi bersih Jumenengan RAA Tjokronegoro I di Komplek Pendopo Rumah Dinas Bupati Purworejo. (Eko)
Gladi bersih Jumenengan RAA Tjokronegoro I di Komplek Pendopo Rumah Dinas Bupati Purworejo. (Eko)

Purworejo (BC)-Gabungan Seniman Seniwati Muda Purworejo, Jawa Tengah, menggelar kegiatan Gladi Bersih Jumenengan Bupati RAA Tjokronegoro I, Senin (26/02/2018) malam. Gladi bersih tersebut dilaksanakan di Komplek Pendopo Rumah Dinas Bupati Purworejo Jl. Setyabudi Nomor 2 Purworejo.

Diungkapkan oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo Agung Wibowo AP, bahwa gladi bersih dilakukan secara menyeluruh. Semua rangkaian acara diperagakan oleh para pemeran. Hal itu dilakukan sebagai pelatihan umum yang terakhir kalinya, sebelum pementasan Jumenengan Bupati RAA Tjokronegoro I yang sesungguhnya. Dengan tujuan agar mengukur sejauh mana kesiapan para pemeran dalam penampilan yang sesungguhnya.

Baca juga: Awali Jumenengan, Bupati dan Wakil Ziarah

Selain peragaan para pemeran peserta kirab jumenengan, juga akan ditampilkan Tari Bedayan Tjokronegoro di bawah arahan penata tari Darmawan Dadijono dan penata iringan Singgih Winarno. Dalam event bergengsi itu juga akan menyuguhkan Tari Lawung Jajar dan Garapan Tari atau sendratari berjudul Greged lan Gumregah.

Khusus untuk sendratari berjudul Greged lan Gumregah, sengaja digelar untuk mengangkat semua potensi daerah yang ada di wilayah Kabupaten Purworejo. Sendratari yang disutradarai oleh seniman muda Melania Sinaring Putri, dengan penata tari Danang Nur dan Wibi serta penata musik Anon Suneko tersebut didukung oleh 45 personil Gabungan Seniman Seniwati Muda Purworejo.

Baca juga: Jumenengan Angkat Keberadaan Potensi Lokal

Untuk lebih memeriahkan gelaran itu, panitia sengaja mendatangkan bintang tamu Rendra Bagus Pamungkas, pemeran tokoh WR Supratman dalam film Wage.

Agung Wibowo AP, mengajak semua warga masyarakat Kabupaten Purworejo untuk bisa turut menyaksikan dan meramaikan gelaran Jumenengan RAA Tjokronegoro I, yang akan dihelat pada hari Selasa 27 Februari 2018, pukul 19.30 WIB di Komplek Pendopo Rumah Dinas Bupati Purworejo. (Eko Mulyanto)

Tentang Bagelen Channel

bagelenchannel.com | TV Onlinenya Purworejo, Khas, Aktual, dan Inspiratif

Baca juga

Bupati Purworejo Cek Kesiapan Angkutan Lebaran

Bayan | bagelenchannel.com – Menjelang arus mudik Lebaran Bupati Purworejo H Agus Bastian, SE, MM, …