Home / Berita / Pendidikan / Puluhan Siswa SMP Negeri 17 Purworejo Ikuti Manasik Haji

Puluhan Siswa SMP Negeri 17 Purworejo Ikuti Manasik Haji

Manasik Haji di Lapangan Indoor SMP Negeri 17 Purworejo. (Wid)
Manasik Haji di Lapangan Indoor SMP Negeri 17 Purworejo. (Wid)

Bagelen (BC)-Puluhan perwakilan siswa siswi Kelas 9 SMP Negeri 17 Purworejo, Jawa Tengah, mengikuti kegiatan Manasik Haji yang diselenggarakan oleh pihak sekolah, Minggu (25/02/2018). Kegiatan itu juga diikuti oleh Pengurus Rois dan pelaksanaannya dipusatkan di Lapangan Indoor Komplek SMP Negeri 17 Purworejo.

Kegiatan Manasik Haji sengaja dilakukan saat memasuki tes ujian akhir sekolah, sebagai tanda akhir pemberian materi pendidikan serta memacu semangat siswa untuk berhaji dan berumroh.

Kegiatan diawali dengan pemberian materi Manasik Haji oleh sejumlah guru di ruang kelas, kemudian para siswa diajak praktek langsung Manasik Haji di Lapangan Indoor SMP Negeri 17 Purworejo, lengkap dengan tata cara dan urutan praktek haji atau Umroh.

Dijelaskan oleh Guru Agama Kelas 9 SMP Negeri 17 Purworejo Muhammad Churdaini (41), bahwa di tahun 2018 ini pihak sekolah kembali menggelar kegiatan Pelatihan Manasik Haji. Materinya telah diberikan kepada sekitar 224 siswa kelas 9, sebagai salah satu materi Pendidikan Agama Islam. Namun pihak sekolah baru melaksanakan praktek Manasik Haji untuk yang pertama kalinya saat ini. Hal itu dilakukan setelah pihak sekolah memiliki alat peraga atau miniatur Ka’bah sebagai sarana Manasik Haji dan diikuti oleh perwakilan kelas.

Baca juga: Hujan Sangat Deras SMP Negeri 17 Purworejo Terendam Banjir

Disampaikan pula, bahwa kegiatan itu bertujuan untuk memberi pemahaman tata cara berhaji sejak dini. Mengingat masih banyak terjadi ketidak pahaman dari para Jamaah Haji Indonesia, yang tidak melaksanakan manasik. Meskipun sekarang ini sudah banyak sekali KBIH, yang melaksanakan manasik atau dari Departemen Agama.

“Selain itu juga meningkatkan ghiroh atau semangat anak-anak dalam belajar Agama Islam dan meningkatkan motivasi anak agar mereka ingin menunaikan Ibadah Haji maupun Umroh ke Tanah Suci Mekah,” paparnya.

Baca juga: Ratusan Pramuka SMPN 17 Purworejo Gelar Fun Game

Pihaknya berharap agar ke depan Kegiatan Manasik Haji itu bisa menjadi agenda rutin tahunan. Tidak hanya sebatas bagi kelas 9, melainkan ditujukan untuk semua siswa SMP Negeri 17 Purworejo.

Sementara itu, kegiatan perdana itu ditanggapi positif oleh para peserta. Seperti dituturkan oleh Sidawati, ia mengaku senang bisa mengikuti Kegiatan Manasik Haji. Baginya kegiatan itu baru pertama kali diikuti dan menjadi pengalaman baru. “Harapannya besok bisa berhaji ke Tanah Suci Mekah bersama keluarga,” katanya. (Widarto)

Tentang Bagelen Channel

bagelenchannel.com | TV Onlinenya Purworejo, Khas, Aktual, dan Inspiratif

Baca juga

Kwarcab Pramuka Purworejo Ikuti Jambore Di Purbalingga

Purworejo | bagelenchannel.com – Gerakan Pramuka Kwarcab Purworejo mengikuti Jambore Daerah SD/MI IV tingkat Kwartir …