Diduga Depresi Pria Paruh Baya Ditemukan Tewas Gantung Diri

Gebang (BC)-Seorang warga Dukuh Kecambil, Desa Lugosobo, Kecamatan Gebang, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, ditemukan tewas gantung diri di sebuah blandar beton rumah cungkup di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Desa Lugosobo, Rabu (07/03/2018). Pria yang kemudian diketahui bernama Amat Rohmat (50) itu, nekat mengakhiri hidupnya, diduga karena mengalami depresi.

Peristiwa tragis itu pertama kali diketahui oleh kakak kandungnya, bernama Kasno (60), saat tak sengaja melintas di dekat pemakaman tersebut. Lokasi pemakaman itu terletak tak jauh dari rumah korban, berjarak kurang lebih 500 meter.

Baca juga: Sepasang Pengantin Baru Ditemukan Tewas Misterius

Kasat Reskrim Polres Purworejo AKP Kholid Mawardi, SH, saat dihubungi Bagelen Channel, Kamis pagi (08/03/2018), membenarkan adanya peristiwa tersebut. Dari laporan yang diterimanya menyebutkan bahwa saat korban ditemukan sudah dalam kondisi tergantung dengan seutas tali tambang di sebuah blandar beton rumah cungkup di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Desa Lugosobo, dengan posisi duduk bersimpuh.

Dari keterangan beberapa saksi menyebutkan bahwa korban meninggalkan rumah sekitar pukul 08.30 WIB. Ketika itu korban masih berjalan kaki dan berpapasan dengan seorang warga setempat bernama Munawar. “Dari keterangan Munawar waktu itu korban terlihat biasa-biasa saja, korban berjalan tanpa membawa barang atau benda yang mencurigakan. Bahkan korban masih sempat bertutur sapa dengan Munawar,” katanya.

Baca juga: Polisi Tunggu Hasil Autopsi Atas Kematian Pasutri di Semawung

Kejadian itu bermula sekitar pukul 07.00 WIB, kakak korban bernama Kasno, berangkat ke sawah, waktu itu korban masih di rumah. Namun setelah pulang dari sawah ia tak lagi menemukan korban di rumah, kemudian Kasno terus berusaha mencari korban. Barulah sekitar pukul 10.00 WIB, korban di ketemukan telah meninggal dunia dengan cara gantung diri.

Mendapati laporan tersebut petugas Polsek Gebang bersama unit Identifikasi Polres Purworejo dan tim kesehatan dari Puskesmas Gebang, mendatangi lokasi kejadian. Petugas langsung melakukan olah tempat kejadian perkara dan memeriksa kondisi korban.

Dari hasil pemeriksaan diketahui bahwa korban meninggal dunia murni karena gantung diri dan tidak diketemukan tanda-tanda kekerasan. Atas kejadian tersebut pihak keluarga ikhlas menerima musibah itu. Dari keterangan pihak keluarga menyebutkan bahwa korban mempunyai riwayat gangguan jiwa. (Widarto)