Home / Berita / Kesehatan / Penanganan TB dan HIV di Purworejo Harus Masif
Kampanye penanganan TB dan HIV (wid)

Penanganan TB dan HIV di Purworejo Harus Masif

Purworejo | bagelenchannel.com – Dalam pelaksanaan program penanganan TB dan HIV, selama ini Aisyiyah Purworejo didukung oleh Global Fund, yang telah menanda tangani kerja sama dengan Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah. Program tersebut telah berjalan selama 3 tahun di tingkat nasional dan dua tahun di tingkat daerah. Bahkan selama ini pihak ‘Aisyiyah Purworejo juga menggandeng berbagai stake holder di Kabupaten Purworejo untuk ikut mendukung gerakan penanganan TB dan HIV di Purworejo.

Hal tersebut dikemukakan oleh Ketua PD ‘Aisyiyah Purworejo Hj. Frin Erma di sela-sela kegiatan peringatan TB Day Sedunia yang diselenggarakan oleh SSR ‘Aisyiyah Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, baru-baru ini.

“Berdasarkan data dari WHO, Indonesia saat ini menempati urutan ke-3 di dunia terkait dengan penyakit TB. Sehingga pemberantasan TB di Indonesia harus menjadi komitmen bersama. Meski temuan penyakit di Kabupaten Purworejo masih rendah atau sedikit, namun ibarat fenomena gunung es baru tampak bagian puncaknya atau tercatat sedikit. Hal ini dimungkinkan masih banyak yang belum ditemukan. Maka kami mengajak seluruh warga masyarakat Purworejo untuk bersama-sama memberantas penyakit ini,” katanya.

Baca juga: Aisyiyah Purworejo Terus Dorong Penanganan TB dan HIV

Harapan besar juga datang dari Ketua PD Muhammadiyah Kabupaten Purworejo Drs. H. Pujiono, terkait dengan program penanganan TB dan HIV di Purworejo, diharapkan dapat terus berkelanjutan dan massif.

“TB penyakit dengan penularan yang cepat dan mudah melalui udara serta berbagai perantara lainnya. Kesadaran kolektif komponen masyarakat sangat diperlukan. Harapannya kontrak kerja dapat terus berlanjut. Kalau pun tidak harapannya dapat dijawab melalui perda yang dapat diupayakan penganggaran dari pemerintahan daerah. Tentunya keseluruhan ini demi terwujudnya masyarakat Purworejo yang sehat,” pungkasnya.

(Widarto)

Tentang Bagelen Channel

bagelenchannel.com | TV Onlinenya Purworejo, Khas, Aktual, dan Inspiratif

Baca juga

Perlu Dukungan Semua Unsur Wujudkan Purworejo Bebas Malaria 2021

Purworejo | bagelenchannel.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, sebagai penanggung jawab pencapaian standar …