Popda Ajang Unjuk Gigi dan Jaring Atlet Berbakat

Banyuurip (BC)-Ditandai dengan pemukulan gong, Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Tingkat Kabupaten Purworejo Tahun 2018, dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Kabupaten Purworejo Dr. Ahmad Kasinu, MPd, Kamis (01/03/2018). Pembukaan kegiatan Popda untuk Pelajar SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA tersebut di pusatkan di GOR WR Soepratman Purworejo.

Ikut mendampingi Kepala Dindikpora Kabupaten Purworejo, Ketua DPRD Kabupaten Purworejo Luhur Pambudi Mulyono, dan Kasdim 0708/Purworejo Mayor Inf. Sulistiyono. Sebelumnya digelar upacara pembukaan, yang diikuti oleh seluruh kontingen dan wasit pertandingan. Sekaligus dibacakan sumpah janji wasit dan atlet untuk menjujung tinggi sportifitas.

Pembukaan dimeriahkan dengan parade defile dari masing-masing Kontingen Dikpora Kecamatan se Kabupaten Purworejo, serta pertandingan atraksi oleh beberapa atlet tenis meja berprestasi. Selain itu, juga disuguhkan defile dan senam lalu lintas oleh anak-anak SD Negeri 1 Kutoarjo serta senam aerobik oleh para pesenam.

Baca juga: Ratusan Atlet Bulu Tangkis Ikuti Kejurkab Purworejo

Kepala Dindikpora Dr. Ahmad Kasinu, MPd, menjelaskan, bahwa Popda digelar dengan tujuan untuk mengukur kemajuan masing-masing cabang olahraga (Cabor) yang pembinaannya telah dilakukan selama satu tahun.

“Dalam setiap tahunnya Popda digelar secara rutin, guna melihat seberapa jauh kemajuan dan perkembangan masing-masing Cabor dalam mempersiapkan para atlet-atlet Purworejo untuk berlaga ke jenjang provinsi maupun nasional,” jelasnya.

Dr. Ahmad Kasinu, MPd, berharap melalui Popda akan terlahir atlet-atlet berprestasi yang dapat mengharumkan nama Purworejo di tingkat yang lebih tinggi di bidang olahraga. Selain itu juga digunakan sebagai ajang untuk menjalin persatuan dan kesatuan antar pelajar, membentuk rasa tanggungjawab, disiplin, jujur, bersikap sportif, serta setia kawan pelajar dalam berolahraga.

Baca juga: Reuni Akbar Ikasapala Gelar Turnamen Bola Voli Bupati Cup 2017

“Poda akan digelar selama kurang lebih dua pekan, mulai Jum’at (02/03/2018) hingga Rabu (14/03/2018) mendatang. Ada 14 Cabor yang dipertandingkan, mulai dari atletik, bulu tangkis hingga bola volley pantai. Ajang bergengsi ini diikuti oleh 16 Kontingen Dikpora Kecamatan se Kabupaten Purworejo,” terangnya. (Eko Mulyanto/Widarto)