Proyek Parapet Bogowonto Ditarget Agustus 2018 Selesai

Purwodadi (BC)-Pemindahan puluhan makam yang dilakukan secara bergotong royong oleh warga masyarakat Desa Purwodadi, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, mendapat tanggapan positif dari Pelaksana Proyek Parapet Dinding Penahan Banjir di Sungai Bogowonto.

Baca juga: Pemindahan Makam Disetujui Warga dan Ahli Waris

Karena dengan pemindahan makam tersebut akan sangat mendukung berjalannya proyek pengaman banjir itu. Diketahui bahwa dalam satu dasa warsa terakhir ini setidaknya Sungai Bogowonto meluap hingga beberapa kali dalam setiap tahunnya. Hal itu banyak dikeluhkan oleh warga masyarakat yang tinggal di sepanjang aliran Sungai Bogowonto. Dengan dibangunnya parapet dinding penahan banjir, maka diharapkan di masa mendatang bencana banjir dapat ditekan.

Salah satu Safety Man (K3) PT. Hutama Karya Rozi Setiawan (21), mengutarakan rasa terima kasihnya kepada warga masyarakat serta Pemerintah Desa Purwodadi yang telah mau bekerjasama untuk kelancaran proyek dengan memindahkan puluhan makam secara bergotong royong.

Baca juga: Serem Makam di Purwodadi Dipindahkan Massal

Proyek yang menginduk di Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Serayu Opak itu ditargetkan selesai pada bulan Agustus 2018 mendatang. Sementara itu untuk pelaksananya dikerjakan oleh PT. Hutama Karya. Pembangunan perapet berupa dinding penahan banjir dibangun dengan panjang sekitar 13 kilometer. Konstruksi cor itu dibangun dari Congot hingga Kecamatan Purwodadi dan dibangun sejak awal tahun 2017. Pembangunannya menggunakan dana APBN tahun 2016, 2017, dan tahun 2018 sebesar 164 milliar. (Widarto)