Purworejo | bagelenchannel.com – Bupati Purworejo H Agus Bastian, SE, MM, melakukan penyerahan bantuan dari Gubernur Jawa Tengah untuk korban bencana banjir dan tanah longsor yang terjadi di wilayah Kabupaten Purworejo. Penyerahan bantuan tersebut berlangsung di Aula Gedung Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purworejo, Kamis (26/04/2018). Kegiatan itu sekaligus dalam rangka Hari Kesiapsiagaan Nasional, yang diperingati setiap tanggal 26 April.

Dalam sambutannya Bupati Purworejo H Agus Bastian, SE, MM, mengatakan, bahwa bantuan itu akan sangat berarti bagi para korban yang tertimpa bencana.

“Seperti diketahui bersama, bahwa pada tanggal 26-28 November 2017 lalu telah terjadi bencana banjir dan tanah longsor di beberapa wilayah di Kabupaten Purworejo. Sehingga mengakibatkan kerusakan infrastruktur jalan, baik milik kabupaten maupun milik desa. Selain itu juga terjadi kerusakan pemukiman penduduk di wilayah Kecamatan Kaligesing, Bagelen, Purwodadi, Loano dan Kecamata Purworejo,” katanya.

Lebih jauh disampaikan Bupati, bahwa dari hasil assesment di lapangan oleh BPBD Kabupaten Purworejo diperoleh data kerusakan sejumlah rumah penduduk dan tempat ibadah.

“Untuk itu, kami telah mengusulkan bantuan yang bersumber dari Bantuan Tidak Terduga (BT) Gubernur Jawa Tengah, dan disetujui sebesar Rp 425 juta. Namun saat ini, yang akan diserahkan baru senilai Rp 345 juta, sedangkan sisanya belum diserahkan, dengan pertimbang masih dalam proses pengusulan untuk relokasi,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu Bupati juga meminta kepada warga masyarakat Kabupaten Purworejo untuk selalu waspada terhadap bencana alam. Mengingat wilayah Kabupaten Purworejo masuk kategori daerah rawan bencana, baik bencana tanah longsor maupun bencana banjir.

“Saya minta kegiatan ronda malam di seluruh wilayah agar ditingkatkan. Selain untuk meningkatkan keamanan wilayah juga dapat secara cepat bisa mendeteksi jika tenjadi tanda-tanda bencana alam. Kemudian kepada para kepala desa, lurah dan camat saya minta untuk secepatnya berkoordinasi dengan Pemerinta Daerah dan BPBD Kabupaten Purworejo, jika di wilayahnya terjadi bencana alam,” tandasnya.

Baca juga: Rawan Bencana Korem Gelar Gladi Posko Penanggulangan Bencana

Dengan cepatnya koordinasi yang dilakukan sehingga bantuan dan penanganan bisa segera diberikan, terutama bahan makanan bagi para korban selain itu juga untuk meminimalisir jatuhnya korban. (Widarto)

 

Lihat Video:

Bupati Serahkan Bantuan Bencana Sebesar Rp 425 Juta
Ditag pada:        

Bagelen Channel

bagelenchannel.com | Video Berita Onlinenya Purworejo, Khas, Aktual, dan Inspiratif

Contoh Widget

Ini adalah contoh widget untuk menunjukkan bagaimana sidebar Kiri tampil. Anda dapat menambahkan widget kustom dari layar widget. Jika widget kustom ditambahkan makan yang ini akan ditimpa.