Home / Berita / Kesehatan / Dinperinaker Dukung Program Bupati Bulan Bersih Sampah
Kepala Dinas Perinaker Kabupaten Purworejo Drs. Sutrisno, MSi, mencanangkan gerakan Tiga Bulan Bersih Sampah dan Budaya Perilaku Hidup Bersih serta Sehat (wid)

Dinperinaker Dukung Program Bupati Bulan Bersih Sampah

Purworejo | bagelenchannel.com – Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Diperinaker) Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, bertekad untuk mendukung serta mensukseskan instruksi Bupati Purworejo yang tercantum dalam Surat Edaran No. 60.18/2432/201 tentang Bulan Bersih Sampah. Dukungan itu ditunjukkan dengan melakukan pencanangan gerakan ‘Tiga Bulan Bersih Sampah dan Budaya Perilaku Hidup Bersih serta Sehat (PHBS)’ di lingkungan Dinperinaker Kabupaten Purworejo.

Pencanangan dilakukan Kepala Dinas Perinaker Kabupaten Purworejo Drs. Sutrisno, MSi, dalam rangkaian upacara pengibaran bendera, yang berlangsung di halaman Dinas Perinaker kemarin. Turut mendampingi Sekretaris Dinas Perinaker Kabupaten Purworejo Pracoyo, SSos, dan sejumlah pejabat serta karyawan karyawati sekitar 190 orang di lingkungan Dinperinaker Kabupaten Purworejo. Pencanangan ditandai dengan membuang sampah pada tempat sampah sesuai kategorinya.

“Kami berupaya untuk mensukseskan apa yang menjadi program Pak Bupati, seperti bulan bersih sampah dan PHBS. Juga sebagai upaya mendukung Adipura dan agar tertanam perilaku hidup bersih serta sehat bagi semua pegawai. Sehingga dapat tercipta ruangan yang tertata bagus, nyaman untuk bekerja dan melayani masyarakat,” tandasnya.

Diakui oleh Drs. Sutrisno, MSi, bahwa Dinperinaker juga tercatat telah mendapat kejuaraan tentang kebersihan lingkungan kantor terbaik se-Kabupaten Purworejo sebanyak tiga kali berturut-turut.

“Tentu ini menjadi pemacu semangat untuk mempertahankan dan meningkatkan kebersihan baik kantornya maupun SDMnya. Apalagi sejalan dengan instruksi Bupati. Maka sangat tepat mangaplikasikan perilaku hidup bersih, baik di kantor maupun di rumah, yang berujung menjadi sebuah budaya di masyarakat,” harapnya.

Dari kegiatan itu juga akan membiasakan para pegawai untuk memulai membuang sampah dengan memilah sampah dalam 3 kategori. Antara lain sampah un-organik, sampah organik dan sampah beracun/berbahaya.

Baca juga: Polsek Banyuurip Disambangi Anak-anak TK Tunas Karya

Sementara itu, Sekretaris Dinas Perinaker Kabupaten Purworejo Pracoyo, SSos, menjelaskan, bahwa Dinperinaker dari tahun 2016  hingga  tahun 2018 secara berturut-turut memperoleh kejuaraan kebersihan. Sedangkan untuk melaksanakan pencanangan tersebut, sudah disediakan tempat sampah di 4 sudut kantor yakni di halaman depan, belakang samping, dan tengah.

“Mengingat pegawai di sini cukup banyak, ditambah dengan warga masyarakat yang datang untuk mengurus surat-surat, maka disediakan tempat sampah yang cukup. Selain bantuan juga pengadaan sendiri dari Dinperinaker,” tandas Pracoyo.

(Widarto)

Tentang Bagelen Channel

bagelenchannel.com | TV Onlinenya Purworejo, Khas, Aktual, dan Inspiratif

Baca juga

Perlu Dukungan Semua Unsur Wujudkan Purworejo Bebas Malaria 2021

Purworejo | bagelenchannel.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, sebagai penanggung jawab pencapaian standar …