Purworejo | bagelenchannel.com – Dua sekolah terpaksa melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tingkat SMA/MA di sekolah lain. Hal itu dipicu oleh minimnya peralatan pendukung yang dimiliki. Ujian nasional di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, sedikitnya diikuti oleh 3.955 siswa dimana masih ada sekolah yang melaksanakan ujian nasional dengan kertas.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA/MA Kabupaten Purworejo, Padmo Sukoco saat ditemui di Posko UN di SMA Negeri 1 Purworejo, Kemarin (09/04/2018). Menyatakan belum semua berbasis komputer. Sekolah-sekolah madrasah masih menggunakan kertas dan 2 sekolah harus melaksanakan ujian di sekolah lain.

Lebih jauh Padmo Sukoco menjelaskan bahwa di Kabupaten Purworejo setidaknya ada 11 sekolah negeri dan 12 SMA swasta ditambah 1 MA negeri serta 8 MA swasta. Total jumlah sekolah yang mengikuti ujian nasional SMA/MA tahun 2018 adalah sebanyak 32 sekolah.

“Untuk SMA semua sudah melaksanakan UNKB, namun untuk MA tidak semuanya. Hanya MA Negeri, An Nawawi dan MA Maarif Pituruh yang menyelenggarakan. Sementara yang lain masih melaksanakan ujian berbasis kertas,” jelasnya.

Dua sekolah tercatat harus melakukan ujian di sekolah lain yakni MA Takhasus Al Qur’an Ahmad Sari dan MA Ash Siddiqiyah. Mereka bergabung dengan MA Al Iman Bulus untuk melakukan ujian berbasis kertas.

Penggabungan pelaksanaan ujian itu, dilakukan karena sekolah belum terakreditasi dan jumlah siswanya masih kurang dari 20 anak.

“Untuk sekolah yang melaksanakan ujian kertas, setiap hari mereka akan mengambil naskah soal di Posko UN di SMA Negeri 1 Purworejo ini. Mereka menggunakan jam kedua pelaksanaan ujian sesuai jadwal UNBK. Setelah selesai dibawa kembali ke Posko untuk segera dikirimkan ke Magelang,” tambahnya.

Baca juga: Bupati Nilai UNBK SMK Di Purworejo Berjalan Lancar

Dari data yang ada menyebutkan bahwa sekolah yang menyelenggarakan UNBK tahun 2018 lebih banyak bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Di tingkat SMA, sejak tahun 2017 semua telah laksanakan UNBK. Sementara untuk MA yang melaksanakan UNBK baru MA Negeri. Namun di tahun 2018 ada beberapa MA swasta yang sudah melaksanakan UNBK. (Widarto)

Dua Sekolah Masih Numpang Ujian di Sekolah Lain
Ditag pada:    

Bagelen Channel

bagelenchannel.com | Video Berita Onlinenya Purworejo, Khas, Aktual, dan Inspiratif

Contoh Widget

Ini adalah contoh widget untuk menunjukkan bagaimana sidebar Kiri tampil. Anda dapat menambahkan widget kustom dari layar widget. Jika widget kustom ditambahkan makan yang ini akan ditimpa.