Jelok Dinilai Lomba Siskamling Desa Teraman

Kaligesing | bagelenchannel.com – Desa Jelok, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, mewakili Polres Purworejo dan wilayah eks-Karesidenan Kedu maju dalam Lomba Siskamling Desa Teraman tingkat Polda Jawa Tengah. Adapun penilaiannya dilakukan oleh sebuah tim yang dipimpin oleh KA Subdit Bin Polmas Polda Jawa Tengah AKBP DR Pratiwi, Rabu malam (25/04/2018) sekitar pukul 20.00 WIB.

Adapun penilaian lomba bertema “Dengan lomba siskamling dan desa teraman tingkat Polda Jawa Tengah Kita sukseskan pilkada serentak 2018” tersebut, dilakukan pengecekan administrasi dan perlengkapan Kamling serta kemampuan petugas ronda. Setelah itu dilakukan simulasi oleh warga masyarakat Desa Jelok antara lain penanganan tentang korban bencana alam tanah longsor, penanganan pelaku pencurian dan pengamanan kebakaran rumah.

Pada kesempatan itu Ketua Tim Penilai AKBP DR Pratiwi, mengatakan bahwa dirinya cukup bangga kepada Desa Jelok yang terpilih untuk maju lomba siskamling desa teraman.

“Dengan semakin berat tugas Polri, perlu kepedulian dari seluruh elemen masyarakat untuk menciptakan kamtibmas. Materi penilaian sudah ditentukan dari panitia Polda Jawa Tengah. Hendaknya penilaian ini jangan dianggap sebagai rutinitas tetapi sebagai tugas kita bersama dalam menjaga kamtibmas,” katanya.

Sementara itu Kapolres Purworejo AKBP Teguh Tri Prasetya, SIK, menyatakan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh unsur warga masyarakat Desa Jelok yang telah berusaha keras, saling bahu membahu untuk mengikuti lomba tersebut.

“Keamanan adalah tanggung jawab kita bersama. Terkait pilkada gunakan hak pilih dan tetap bersatu walaupun beda dalam memilih. Adanya hoax kita harus lebih waspada karenakan hoax akan menimbulkan perpecahan,” katanya.

Baca juga: Purworejo Mulai Wujudkan Smartcity

Kapolres juga mengingatkan agar adanya isu yang berkembang tentang banyak korban miras, ia berharap Purworejo jangan sampai menyumbang korban miras.

“Saya berpesan agar dengan kegiatan ini, mari kita terus mempertahankan kesadaran masyarakat guna menjaga keamanan lingkungan. Sebagai manusia biasa saya mengajak ayo bersama-sama saling tolong menolong dan saling menghormati serta jangan mudah percaya pada orang yang belum kita kenal. Kegiatan ini semoga menambah wawasan kita semua,” tambahnya.

(Eko Mulyanto)