KNPI Tanami Ribuan Pohon Murbei di Sepanjang Jalan Kaligesing

Kaligesing | bagelenchannel.com – DPK KNPI Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, menggelar penanaman pohon murbei masal di tepi jalan raya di kawasan rawan longsor di sepanjang Jalan Raya Purworejo-Si Bolang Kecamatan Kaligesing, Sabtu (21/04/2018).

Setidaknya terdapat sekitar 4 ribu pohon murbei, yang ditanam di sepanjang jalan tersebut, sejauh kurang lebih 12,5 kilometer, dengan melewati lima desa, yaitu Desa Kaligono, Desa Tlogoguwo, Desa Pandanrejo, Desa Ngaran dan Desa Purbowono.

Hal tersebut dikatakan oleh Ketua DPK KNPI Kaligesing Paryono saat ditemui di sela-sela kegiatan. Dipilihnya pohon murbei, untuk ditanam dalam aksi bhakti social itu, sebab pohon murbei sebagai salah satu pohon yang memiliki multi fungsi.

“Dengan tipe perakaran yang panjang, tanaman itu akan mampu menahan tanah saat hujan lebat. Agar fungsinya optimal, bibit ditanam secara zig-zag dengan jarak tanam sekitar 2 – 3 meter,” katanya.

Budidaya murbei juga dinilai tepat ditanam di wilayah Kecamatan Kaligesing, karena wilayah tersebut kerap dilanda tanah longsor. Selain itu, peternak juga dapat memanfaatkan daun murbei untuk pakan ternak mereka. Daunnya juga bisa diolah menjadi teh yang berkhasiat untuk mengobati beberapa penyakit.

Lebih jauh diungkapkan, bahwa jumlah bibit yang berhasil dihimpun oleh organisasinya itu, dinilai belum cukup untuk menjangkau seluruh ruas jalan provinsi sepanjang 12,5 kilometer. Karena idealnya di lokasi itu butuh 6.500 bibit.

“Kami mencoba menghubungi beberapa pihak untuk meminta bantuan, namun belum tercukupi,” imbuhnya.

Sementara itu, Camat Kaligesing Bagas Adi Karyanto, SSos, MM, mengemukakan, bahwa langkah KNPI dinilai tepat dengan tidak menanam tanaman keras. Sebab manfaat murbei akan lebih cepat dirasakan oleh warga masyarakat.

“Selain itu, pohon juga akan dibiarkan tumbuh, pemanfaatan hanya mengambil daunnya. Aksi ini bisa dicontoh oleh warga masyarakat Kaligesing untuk menjaga lingkungannya,” katanya.

(Widarto)