Home / Berita / Olahraga / Lintas Alam MAPASURI 2018 Ajak Pemuda Peduli Lingkungan
Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Purworejo Dr. H. Ahmad Kasinu, MM, berkenan memberangkatkan peserta Lomba Lintas Alam MAPASURI 2018 (wid/am)

Lintas Alam MAPASURI 2018 Ajak Pemuda Peduli Lingkungan

Purworejo | bagelenchannel.com – Unit Kegiatan Mahasiswa Pecinta Alam Surya Rimba Universitas Muhammadiyah Purworejo (UKM MAPASURI UMP), Jawa Tengah, menggelar rangkaian Lomba Lintas Alam MAPASURI 2018, Jumat-Minggu (20-22/04/2018). Kegiatan yang digelar di Komplek Halaman Kampus Barat Universitas Magelang Purworejo dan Kawasan Hutan Kota Geger Menjangan Purworejo itu dihelat dalam rangka untuk memperingati Hari Bumi yang jatuh pada tanggal 22 April, setiap tahunnya.

Menurut penuturan Ketua Panitia Lomba Lintas Alam MAPASURI 2018 Selvie Isna Rojikin, bahwa event bergengsi itu memperebutkan piala Gubernur Jawa Tengah.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian terhadap budaya dan kelestarian alam. Kami mengajak para pemuda untuk terus meningkatkan kepedulian terhadap budaya dan kelestarian alam di sekitar kita. Karena diharapkan komunitas pecinta alam bisa menjadi salah satu pelopor dalam mendukung akan kelestarian budaya dan alam sekitar kita,” katanya.

Peserta Lomba Lintas Alam MAPASURI 2018 diwajibkan untuk menanam pohon penghijauan (wid/am)

 

Dalam event itu di hari pertama digelar lomba mewarnai dan finger painting untuk siswa PAUD/KB se-Kabupaten Purworejo. Diteruskan dengan penampilan musik serta diramaikan dengan sebuah Expo UMKM.

Sementara itu khusus untuk lomba lintas alam diikuti oleh 58 tim dengan masing-masing tim terdiri atas 3 orang, berasal dari wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, yang terbagi dalam 2 nominasi, yaitu umum dan pelajar.

“Harapan kami bisa menjadi bahan pembelajaran pengurus UKM dalam menjalankan program kegiatan serta dapat turut serta memajukan MAPASURI maupun almamater UMP. Event ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap 2 tahun sekali,” tambahnya.

Dalam sambutannya Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan Istiqo Agus Wicaksono, SP, MSc, berharap kepada para peserta sebagai calon penerus estafet kepemimpinan pembangunan bangsa, harus terus menggali ilmu guna melanjutkan proses pembangunan yang berkelanjutan di masa mendatang.

Event tersebut juga dimeriahkan oleh penampilan Tari Dolalak (wid/am)

 

“Momen ini sangat penting bisa menjadi ajang berjejaring, sharing ilmu pengetahuan terkait pengelolaan lingkungan. Ketika lingkungan tertata dengan bagus, maka dari sanalah dapat dimunculkan objek wisata berbasis alam atau ekowisata. Dimana selain berolahraga juga sekaligus berwisata sambil menikmati keindahan alam. Sehingga ke depan akan dapat mendukung Romansa Purworejo tahun 2020,” katanya.

Baca juga: KNPI Tanami Ribuan Pohon Murbei di Sepanjang Jalan Kaligesing

Peserta akan melalui rute dengan jarak kurang lebih 17 kilometer terbagi dalam 3 pos yang masing-masing terdapat penugasan khusus berupa penanaman pohon, kerjakan soal dan observasi. Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Purworejo Dr. H. Ahmad Kasinu, MM, berkenan memberangkatkan peserta Lomba Lintas Alam MAPASURI 2018. (Widarto/Ahmad Maulidin)

loading...

Tentang Bagelen Channel

bagelenchannel.com | TV Onlinenya Purworejo, Khas, Aktual, dan Inspiratif

Baca juga

Dandim Canangkan Kampung Olahraga di Kledung Karangdalem

Banyuurip | bagelenchannel.com – Warga RW 02 Kelurahan Kledung Karangdalem, Kecamatan Banyuurip, Kabupaten Purworejo, Jawa …