Home / Berita / Ekonomi / Memberdayakan Petani Manfaatkan Teknologi Digital
Penandatanganan dokumen Letter of Intent (LoI) antara Pemkab Purworejo, dengan perusahaan asal Swedia Supertext (wid)

Memberdayakan Petani Manfaatkan Teknologi Digital

Purworejo | bagelenchannel.com – Kerjasama antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo, Jawa Tengah, dengan perusahaan asal Swedia Supertext, di bidang komunikasi dan informatika, bertujuan untuk memberdayakan petani, nelayan dan warga masyarakat Kabupaten Purworejo, agar lebih memanfaatkan teknologi digital.

Hal tersebut disampaikan oleh Key Account Direktor of Supertext Indra Nusyirwan, usai penandatanganan Letter of Intent (LoI) antara Pemkab Purworejo, dengan perusahaan asal Swedia Supertext, di Bussines Center, Hotel Mandarin Jakarta, Selasa (10/04/2018).

“Bentuknya aplikasi, terutama untuk messaging service, informasi ter-update di bidang pertanian. Intinya untuk menjembatani dan meningkatkan penyebaran informasi serta inovasi-inovasi antar petani,” terangnya.

Lebih jauh diungkapkan oleh Indra Nusyirwan, bahwa ke depan diharapkan aplikasi tersebut juga dapat untuk mensupport bidang-bidang yang lain, seperti bidang kesehatan, smart city dan juga pelayanan kepada masyarakat.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan (DINPPKP) Kabupaten Purworejo Ir. Bambang Asmara Jati, M Eng, menyatakan, bahwa pihaknya siap untuk menyediakan dan memberikan informasi tentang petani serta komunitas lain di daerah pedesaan.

“Aplikasi ini sifatnya masih basic, sehingga nantinya kita akan memberikan data dan informasi untuk dapat diolah oleh Supertext. Konten-konten yang terkait bidang pertanian nanti dari Dinas Pertanian. Seperti contoh adanya informasi terkait harga-harga komoditas pertanian,” katanya.

Ir. Bambang Asmara Jati, M Eng, berharap agar aplikasi tersebut dapat berguna sebagai sarana komunikasi antar petani, serta dapat meningkatkan produktifitas di bidang pertanian.

Baca juga: Kembangkan Komunikasi Digital di Purworejo, Pemkab Gandeng Perusahaan Swedia

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Purworejo (DINKOMINFO) Drs. Sigit Budi Mulyanto, MM, juga berharap, agar kerjasama tersebut dapat membantu Pemkab Purworejo untuk lebih mampu dalam mengelola sumber daya yang ada. Selain itu juga diharapkan dapat lebih intens di dalam melayani petani melalui bantuan teknologi informasi.

“Ke depan diharapkan kebutuhan akan informasi bisa lebih tercukupi serta lebih efektif dan efisien. Sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan petani pada khususnya dan masyarakat pada umumnya,” ujarnya.

(Widarto)

Tentang Bagelen Channel

bagelenchannel.com | TV Onlinenya Purworejo, Khas, Aktual, dan Inspiratif

Baca juga

Pasar Ramadhan Joso Jadi Alternatif Ngabuburit

Ngombol | bagelenchannel.com – Pasar Ramadhan merupakan sebuah pasar yang biasa ditemui hanya ketika bulan …