Home / Berita / Kesehatan / Peringati Hari Kartini RS Amanah Umat Gelar Layanan KB Gratis
Pelayanan KB gratis di RS Amanah Umat Purworejo (eko)

Peringati Hari Kartini RS Amanah Umat Gelar Layanan KB Gratis

Purworejo | bagelenchannel.com – Dalam rangka memperingati Hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April mendatang, Rumah Sakit (RS) Amanah Umat Purworejo, Jawa Tengah, menyelenggarakan pelayanan KB gratis bagi warga masyarakat Kabupaten Purworejo, Rabu (04/04/2018).

Setidaknya terdapat 110 warga yang berasal dari berbagai kecamatan di wilayah Kabupaten Purworejo, menggunakan kesempatan tersebut untuk mendapatkan pelayanan KB secara Cuma-cuma. Kegiatan itu terselenggara atas kerjasama yang baik antara RS Amanah Umat Purworejo dengan Dinas Sosial Pengendalian Penduduk KB Pemberdaaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P2KBP3A) Kabupaten Purworejo.

Ratusan warga tersebut sudah mengantri sejak pagi hari. Mereka dilayani dengan menggunakan fasilitas RS Amanah Umat. Ada dua macam pelayan KB, yang dilakukan pada saat itu, yaitu KB jenis implan atau susuk dan KB IUD.

Pemasangan KB jenis Implan atau Susuk (eko)

 

Dijelaskan oleh Kabid KB Dinsos P2KBP3A Kabupaten Purworejo Sarono, SPd, MM, bahwa pelayanan KB gratis tersebut merupakan salah satu program pemerintah untuk mengendalikan pertumbuhan penduduk.

“Sebelumnya kami juga sering menggelar kegiatan serupa di berbagai desa. Utamanya bersamaan dengan dengan kegiatan Bupati Saba Desa, kemudian Grebeg Pasar serta saat ulang tahun Aisyah maupun ulang tahun Muslimat NU,” katanya.

Lebih jauh dikatakan oleh Sarono, SPd, MM, terhitung hingga awal bulan April 2018, pihaknya telah melayani lebih dari 3 ribu akseptor KB atau sekitar seperlima atau 20 persen dari target keseluruhan sebanyak 15 ribu lebih di tahun 2018.

Diakui oleh Sarono, SPd, MM, bahwa tingkat pertumbuhan penduduk di wilayah Kabupaten Purworejo relatif turun dari tahun ke tahun.

“Dari data yang ada pada tahun 2015 tingat pertumbuhan penduduk di Kabupaten Purworejo mengalami penurunan sebanyak 0,32 persen. Dari tahun ke tahun jumlah akseptor KB juga meningkat seiring dengan meningkatnya kesadaran warga masyarakat tentang pentingnya KB,” imbuhnya.

Sementara itu, Humas RS Amanah Umat Purworejo Ernita Adiestara, mengatakan bahwa kegiatan itu dilaksnakan sebagai salah satu rangkaian Peringatan Hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April mendatang.

“Selain itu kegiatan bhakti sosial berupa pelayana KB gratis ini juga bertujuan untuk mengenalkan RS Amanah Umat Purworejo kepada warga masyarakat Kabupaten Purworejo. RS Amanah Umat Purworejo merupakan “wajah baru” dari RS PKU, yang telah bertahun-tahun menjadi kepercayaan warga masyarakat Kabupaten Purworejo dalam bidang kesehatan. RS Amanah Umat Purworejo kini dengan pengelola baru siap melanjutkan pelayanan kesehatan kepada warga masyarakat Kabupaten Purworejo setelah sempat tidak beroperasi selama satu tahun lebih karena kendala administrasi,” katanya.

(Eko Mulyanto)

loading...

Tentang Bagelen Channel

bagelenchannel.com | TV Onlinenya Purworejo, Khas, Aktual, dan Inspiratif

Baca juga

Perlu Dukungan Semua Unsur Wujudkan Purworejo Bebas Malaria 2021

Purworejo | bagelenchannel.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, sebagai penanggung jawab pencapaian standar …