Sekar Pamit Bupati Maju Lomba Cipta Puisi Tingkat Nasional

Purworejo | bagelenchannel.com – Seorang siswa Kelas III Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB) Muhammadiyah Purworejo, bernama Sekar Septianasari (17) bertemu dengan Bupati Purworejo H. Agus Bastian, SE, MM, baru-baru ini. Kedatangan Sekar Septianasari di Rumah Dinas Bupati Purworejo itu dalam rangka berpamitan untuk mewakili Propinsi Jawa Tengah, maju lomba Cipta Puisi Tingkat Nasional.

Sebelumnya Sekar Septianasari telah berhasil meraih juara I lomba Cipta Puisi Tingkat Provinsi Jawa Tengah, di Hotel Candi Semarang. Dalam lomba itu ia berhasil menyisihkan peserta dari Kabupaten Pati dan Kabupaten Semarang yang menempati juara II dan III. Puisi ciptaan Sekar Septianasari itu bertema keadilan yang menceritakan tentang perlakuan adil secara umum.

Saat bertemu dengan Bupati Purworejo, Sekar Septianasari didampingi oleh guru pembimbing SMPLB Muhammadiyah Purworejo Nurhayati Eka Kartikarini serta Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Purworejo Tri Joko Parnoto, SSos. Rencananya Sekar Septianasari akan mengikuti lomba Cipta Puisi Tingkat Nasional di Makasar, pada bulan Oktober 2018 mendatang.

Bupati Purworejo H. Agus Bastian, SE, MM, mengapresiasi prestasi Sekar Septianasari yang telah membawa nama harum Kabupaten Purworejo di tingkat Provinsi Jawa Tengah.

“Saya berharap juga bisa juara di tingkat nasional. Kekurangan tidak menghalangi semangat untuk terus maju, bahkan dapat menunjukkan prestasi gemilang. Hal ini dapat menginspirasi yang lain, supaya bisa memiliki poin lebih dalam berkarya baik di sekolah maupun di bidang lainnya,” katanya.

Bupati juga berpesan agar Sekar Septianasari terus belajar, dan terus berkarya lewat puisi, dengan berjuang pasti akan ada hasilnya.

“Persiapkan diri dengan matang apalagi akan dibina oleh Arpusda, tentu menambah ilmu sebagai bekal dalam lomba nanti. Termasuk juga kesehatan agar dalam lomba nanti dalam kondisi yang prima guna mendukung kelancaran dalam berpikir mengaktualisasikan diri dalam mencipta puisi,” imbuhnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Purworejo Tri Joko Pranoto, SSos mengatakan, bahwa Sekar Septianasari selain dibina dari SMPLB Muhammadiyah juga mendapatkan binaan dari dinas yang dipimpinnya itu.

“Utamanya dalam persiapan Lomba Cipta Puisi, yang bahan materinya diambil dari Perpustakaan Kabupaten Purworejo. Hal itu dilakukan sebagai referensi, untuk memperkaya wawasan dan kosa kata yang terdapat pada buku,” katanya.

Baca juga: Ardila Raih Juara 2 Lomba Cipta Syair Tingkat Nasional

Terlepas dari hal itu menurut guru pembimbing SMPLB Muhammadiyah Purworejo Nurhayati Eka Kartikarini, bahwa untuk maju lomba cipta puisi di tingkat nasional ada beberapa tema yang nantinya penting untuk dipilih yaitu kejujuran, keadilan, dan keberanian. (Widarto)