Tungku Digunakan Memasak Sejak Pagi Dinihari

Bener | bagelenchannel.com – Suwarni (65) warga Dusun Kedungpucang RT 02/ RW 02, Desa Kaliurip, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, merasa sangat sedih karena harus kehilangan dapur rumah beserta perabotannya, setelah ludes terbakar, Rabu (11/04/2018) pagi sekitar pukul 08.00 WIB.

Betapa tidak kini dirinya untuk sementara waktu tidak bisa menyiapkan dagangan di warung nasinya untuk sementara waktu. Karena kehilangan semua perabotan rumah tangga yang biasa digunakan untuk memasak nasi dan dagangan lainnya. Kesedihan itu cukup beralasan karena untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya keluarga Suwarni menggantungkan pada pendapatan dari warung nasi miliknya itu.

Meski demikian istri dari Barokah (65) itu mengaku bersyukur hanya dapur rumahnya yang ludes terbakar, namun tidak sampai merembet ke rumah utama.

“Saya sedih sekali harus kehilangan dapur beserta perabotan yang selama ini saya gunakan untuk menyiapkan dagangan makanan setiap harinya. Namun demikian saya tetap bersyukur kebakaran itu tidak sampai merembet ke dalam rumah utama. Saya mengucapkan terima kasih kepada warga masyarakat dan petugas pemadam kebakaran yang telah membantu memadamkan api,” katanya.

Lebih jauh dikemukakan oleh Suwarni, bahwa sebelum terjadi kebakaran, tungku di dapurnya digunakan untuk memasak sejak pukul 01.30 WIB. Ia memasak makanan untuk berjualan nasi di warungnya yang berjarak sekitar 50 meter.

“Pagi itu saya selesai masak sekitar pukul 06.00 WIB. Lalu saya tinggal pergi ke warung yang berlokasi di Pasar Kaliboto. Sebelum pergi bara api dalam tungku digunakan untuk memanggang kayu. Tak tahunya sekitar jam 08.00 WIB saya diberitahu warga kalau dapur rumah saya terbakar,” imbuhnya.

Baca juga: Manggang Kayu Bakar Dapur Rumah Dilalap Habis Si Jago Merah

Petugas mengeluarkan tabung gas yang ada di dapur (wid)

 

Diduga bara api di dalam tungku tersebut menyala dan membakar kayu yang ada di sekitar tungku serta merambat ke bangunan dapur. Beruntung petugas Damkar cepat tiba ke lokasi kejadian sehingga nyala api tidak sampai merambat ke rumah utama. Warga bersama petugas pemadam kebakaran dengan sigap mampu segera memadamkan api.

“Untungnya tabung gas yang berada di dapur tidak ikut meledak sehingga tidak memperparah keadaan,” ujarnya.

(Widarto)