Purworejo | bagelenchannel.com – Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) serentak se-Indonesia untuk SMP, MTs baik negeri maupun swasta dimulai hari ini Senin (23/04/2018). Termasuk pelaksanaan UN di wilayah Kabupaten Purworejo yang langsung mendapat perhatian dari Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti, SH, dengan melakukan pemantauan di beberapa sekolah. Turut mendampingi Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Purworejo DR. Akhmad Kasinu, MPd, Sekretaris Dinas (Sekdin) Dikpora Sri Wulandari, SIP, dan Kabag Pembangunan Setda Bambang Sadyanto Raharjo, SH.

Pemantauan diutamakan pada pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yakni di beberapa sekolah yakni SMP Negeri 5 Purworejo, SMP Negeri 12 Purworejo, dan di SMP Negeri 10 Purworejo. Untuk SMP Negeri 5 Purworejo dan SMP Negeri 12 Purworejo telah mandiri dalam UNBK. Sedangkan SMP Negeri 10 Purworejo yang berlokasi di Kecamatan Grabag belum mandiri, sehingga pelaksanaan dipusatkan di SMK Sawunggalih Kutoarjo. Pemantauan di tiga tempat tersebut dilakukan hari ini Senin pada sesi kedua pukul 14.30 WIB.

Disela-sela pemantauan Yuli Hastuti, SH, mengapresiasi Dinas Dikpora yang telah menyiapkan pelaksanaan ujian nasional baik yang ujian berbasis kertas maupun yang UNBK. Termasuk persiapan antisipasi ketika terjadi listrik mati, dengan menyiapkan genset. Sehingga tidak ada kendala yang mengganggu jalannya UNBK.

“Sedangkan mundurnya jam pelaksanaan UNBK pada sesi pertama, dikarenakan teknis dari pusat. Berarti semua se-Indonesia juga mengalami hal sama. Bukan permasalahan dari kabupaten. Meski demikian tidak menjadikan kendala, dan hari ini semua berjalan dengan baik,” katanya.

Wakil Bupati juga mengingatkan, agar semua sekolah mengutamakan suksesnya program Wajib Belajar Pendidikan Dasar (Wajardikdas) 9 tahun. Artinya semua peserta harus bisa dan wajib mengikuti ujian nasional. Harapannya di Kabupaten Purworejo tidak ada anak yang putus sekolah.

“Untuk keberhasilan ujian nasional tahun ini, saya optimis bisa berhasil baik. Apalagi anak-anak sekarang pinter-pinter mendapatkan pendidikan pelajaran tidak hanya dari sekolah namun dari berbagai media belajar yang lain. Insya Alloh bisa lulus semua,” harapnya.

Baca juga: Sejumlah Siswa SMA Akan Ikuti UNBK Susulan

Sementara itu Kepala Dindikpora Kabupaten Purworejo DR. Akhmad Kasinu, MPd, menjelaskan, bahwa jumlah peserta UN se-Kabupaten Purworejo sebanyak 11.615 murid. Untuk yang melaksanakan UNBK sebanyak 7.404 murid dan selebihnya ujian nasional berbasis kertas. Sedangkan yang UNBK 41 sekolah terdiri yang mandiri 30 sekolah dan yang masih nunut di SMA SMK sebanyak 11 sekolah. Pelaksanaan UN selama 4 hari yang dimulai hari ini Senin (23/04/2018) sampai Kamis (26/04/2018), dengan menggunakan waktu 3 sesi setiap harinya, sesuai dengan laboratorium komputer yang ada.

“Untuk pelaksanaan ujian hari ini lancar sedangkan listrik padam yang terjadi di SMP Negeri 2 Purworejo tidak masalah karena sudah disiapkan genset. Rencananya tahun depan semua sekolah SMP/MTs negeri swasta sudah bisa mengikuti UNBK, dengan membagi 6 sesi. Kami juga sudah mengajukan dan Insya Alloh akan terlaksana dengan baik,” jelasnya.

(Widarto)

UNBK SMP 11 Sekolah Masih Numpang Ujian
Ditag pada:    

Bagelen Channel

bagelenchannel.com | Video Berita Onlinenya Purworejo, Khas, Aktual, dan Inspiratif

Contoh Widget

Ini adalah contoh widget untuk menunjukkan bagaimana sidebar Kiri tampil. Anda dapat menambahkan widget kustom dari layar widget. Jika widget kustom ditambahkan makan yang ini akan ditimpa.