Ciptakan Pilkada Damai Polres Purworejo Bekali Da’i Kamtibmas

Banyuurip | bagelenchannel.com – Dalam rangka untuk menciptakan kondusifitas di wilayah hukum Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, berbagai upaya dilakukan oleh semua pihak termasuk di dalamnya Jajaran Polres Purworejo. Salah satunya melalui kegiatan Pembekalan Da’i Kamtibmas yang diadakan di Auditorium Mapolres Purworejo, belum lama ini.

Kegiatan itu juga bertujuan untuk meningkatkan peran da’i kamtibmas dalam ikut mensukseskan Pilkada Damai Tahun 2018. Sehingga dapat turut serta mencegah terjadinya konflik sosial di masyarakat sehingga tercipta situasi yang aman dan kondusif.

Kegiatan itu diikuti oleh petugas lapangan non PNS Kementerian Agama Kabupaten Purworejo dari 16 Kecamatan di wilayah Kabupaten Purworejo, Kanit Binmas dan Bhabinkamtibmas jajaran Polres Purworejo.

Dalam kegiatan tersebut para peserta mendapatkan pembekalan terkait beberapa materi tentang Toleransi Antar Umat Beragama dalam Pandangan Islam dan materi lainnya. Penyampaian materi tersebut disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purworejo Drs. H Bambang Sucipto, MPdi. Pada kesempatan itu juga dilakukan diskusi penyusunan bahan Dahwah bagi Da’i Kamtibmas dan Anggota Polres Purworejo.

Sementara itu dalam sambutannya Kapolres Purworejo AKBP Teguh Triprasetya, SIK, mengatakan bahwa kegiatan tersebut dilakukan sebagai pembekalan Bhabinkamtibmas dan petugas lapangan non PNS Kementerian Agama Kabupaten Purworejo, yang tersebar di desa-desa agar bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang persoalan yang menjadi wacana di kalangan masyarakat saat ini.

“Pembinaan ini dilakukan terhadap Bhabinkamtibmas dari masing-masing Polsek yang ada di wilayah Kabupaten Purworejo dan petugas lapangan non PNS Kementerian Agama Kabupaten Purworejo. Ada tugas mulia untuk memberikan pengertian kepada warga masyarakat agar bisa tetap tertib, seperti menghindari narkoba, tertib berlalu lintas, waspada terhadap berita hoak atau berita bohong dan waspada terhadap pencurian,” katanya.

Lebih jauh dijelaskan Kapolres, bahwa pada saat ini Polres Purworejo terus melakukan upaya edukasi bagi Bhabinkamtibmas, agar bisa menyampaikan, dan memiliki kemampuan, kepekaan sosial di masyarakat, di masing-masing wilayah Babinkamtibmas bertugas.

“Bhabinkamtibmas sebagai corong untuk melaksanakan edukasi ke warga guna menyampaikan ke masyarakat sehingga mereka memiliki kemampuan dan gampang diterima masyarakat,” jelasnya.

Pihaknya juga berharap kegiatan tersebut sebagai upaya, menciptakan suasana yang kondusif jelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur 2018.

“Sebagai katalisator menciptakan situasi yang kondusif agar masyarakat tidak ada gejolak,” harapnya.

(Eko Mulyanto)