Ketua DPRD Batang Kagumi Prestasi Arpusda Purworejo

Purworejo | bagelenchannel.com – Ketua DPRD Kabupaten Batang H Imam Teguh Raharjo, mengagumi Perpustakaan Daerah Kabupaten Purworejo yang kini banyak meraih prestasi. Kekagumannya itu disampaikan saat H Imam Teguh Raharjo memimpin rombongan yang terdiri atas 14 orang anggota DPRD Komisi B Kabupaten Batang, Jawa Tengah, ngangsu kawruh terkait program dan pengelolaan Perpustakaan Daerah.

Kedatangan rombongan diterima secara resmi oleh Kabag Humas dan Protokol Setda Purworejo Agus Ari Setyadi, SSos, di ruang Otonom Setda Purworejo, Rabu (09/05/2018). Juga turut mendampingi sejumlah pejabat dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Purworejo.

Dalam sambutannya Agus Ari Setyadi, SSos, menyampaikan tentang pentingnya arsip dan perpustakaan. Menurutnya jika kurang teliti dalam pengelolaannya maka bisa menimbulkan permasalahan hukum. Sehingga keberadaannya tidak bisa dipandang sebelah mata. Karena dari arsip dan perpustakaan inilah kita akan mendapatkan data akurat tentang kebijakan daerah, pembangunan, dan sebagainya.

“Arpus ini memiliki seabrek program penting hingga menembus ke desa dan sekolah. Bahkan Arpus Purworejo mampu membuktikan kehandalannya melalui prestasi-prestasi luar biasa di tingkat Provinsi Jawa Tengah maupun nasional. Ini menggambarkan bahwa Arpus menjadi bagian yang penting dalam pemerintahan baik di pusat maupun di daerah,” katanya.

Berbagai prestasi yang pernah diraih oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Purworejo di tahun 2018 diantaranya Juara 1 Tingkat  Arsiparis Terampil Provinsi Jawa Tengah, dan Juara 2 Tingkat Arsiparis Ahli Provinsi Jawa Tengah. Sedangkan dukungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo terkait Kearsipan dan Perpustakaan, berupa terbitnya Perda tentang penyelenggaraan kearsipan dan adanya Perbup terkait kearsipan. Kemudian dibangun Depot Arsip untuk penyimpanan arsip statis, dinamis, dan sebagainya.

Pada kesempatan itu Agus Ari Setyadi, SSos, juga menyampaikan sekilas tentang kondisi Kabupaten Purworejo. Termasuk program wisata Romansa Purworejo 2020 menyusul dengan dibangunnya bandara internasional di perbatasan wilayah Kabupaten Purworejo dan Kabupaten Kulonprogo. Diungkapkan pula terkait rencana akan dibangunnya waduk raksasa di Kecamatan Bener, yang merupakan waduk tertinggi di Asia Tenggara dan Waduk tertinggi nomor 2 di dunia.

“Selain itu Purworejo juga memiliki bedug terbesar di Indonesia yang berada di Masjid Agung Darul Muttaqin Purworejo, sebagai kebanggaan masyarakat Purworejo,” jelasnya.

Sementara itu Ketua DPRD Kabupaten Batang H Imam Teguh Raharjo menyampaikan tujuan mereka datang ke Purworejo adalah untuk ngangsu kawruh terkait program dan pengelolaan Kearsipan serta Perpustakaan. Ia memandang bahwa Arpus di Purworejo sangat bagus, bila dibandingkan dengan di Kabupaten Batang.

“Apalagi Batang setelah tidak bergabung dengan Kabupaten Pekalongan dan kemudian berdiri sendiri sejak 1966, tentu masih harus banyak belajar. Termasuk dalam pengelolaan Arpus,” katanya.

Pada kesempatan itu disampaikan pula oleh H Imam Teguh Raharjo, bahwa saat ini Kabupaten Batang membawahi 15 kecamatan, yang terdiri atas 39 desa dan 9 kelurahan. Dengan produk unggulan emping limpung, batik grinsing, dan 4 wisata pantai.

“Dari sektor wisata, akan terus ditingkatkan. Sedangkan proyek besar yang akan dilaksanakan pembangunannya adalah PLTU terbesar se-Asia Tenggara. Juga rencana pembangunan pelabuhan internasional di Kabupaten Batang,” pungkasnya.

(Widarto)