KPUD Gelar Sosialisasi Pilgub Lewat Seni dan Budaya

Bagelen | bagelenchannel.com – Guna meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah, yang akan dihelat pada tanggal 27 Juni 2018 mendatang, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Purworejo bersama Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) terus menggalakkan Sosialisasi Pemilu kepada masyarakat. Tak hanya melalui forum pertemuan, KPU bersama PPK juga memanfaatkan kelompok seni dan budaya untuk menarik warga masyarakat agar datang dalam acara sosialisasi itu. Seperti yang dilakukan oleh KPUD Kabupaten Purworejo bersama PPK Bagelen, Sabtu (05/05/2018), bertempat di halaman Kantor Kecamatan Bagelen, menggelar pementasan Kesenian Tradisional Kuda Lumping sebagai sarana Sosialisasi Pemilu.

Betul saja, dengan pementasan Kesenian Tradisional Kuda Lumping itu, tampak ribuan warga mendatangi lokasi guna melihat pementasan tersebut sekaligus mendengarkan Sosialisasi Pemilu yang digelarnya.

“Ya, ini dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pilgub Jawa Tengah, sebagaimana KPUD Jawa Tengah, yang telah mengamanatkan kepada KPUD Kabupaten untuk melakukan sosialisasi melalui gelar seni dan budaya,” ungkap anggota KPUD Kabupaten Purworejo Suwardiyo, SPd, saat ditemui di lokasi.

Menurutnya, Kabupaten Purworejo memiliki banyak seni dan budaya, dengan pementasan seni dan budaya itu dianggap efektif dan mampu mengundang masyarakat untuk berkumpul dan bisa menjadi sarana KPUD Kabupaten Purworejo untuk melakukan sosialisasi.

“Mudah-mudahan dengan gelar seni, masyarakat bisa mendapat informasi, terkait Pilgub. Di sana juga diingatkan untuk tidak lupa pada tanggal 27 Juni 2018 nanti warga masyarakat untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik. Sehingga kedatangan mereka tidak muspro nantinya, karena sesuai regulasi harus terdaftar di Daftar Pemilihan Tetap (DPT) atau dengan menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik di Tempat Pemungutan Suara (TPS),” jelasnya.

Disampaikan pula, bahwa sosialisasi dengan media pertunjukkan seni dan budaya itu merupakan representasi dari slogan Pemilu Gubernur Jawa Tengah, yaitu Becik Tur Nyenengke. Sosialisasi itu juga menargetkan para pemilih dari berbagai kalangan seperti pemilih pemula, wanita, dan komunitas. Sosialisasi dengan seni dan budaya itu rencananya akan digelar secara serentak di setiap PPK, yang ada di wilayah Kabupaten Purworejo, selama bulan Mei 2018 ini.

KPUD Kabupaten Purworejo juga berharap dengan dilakukan sosialisasi itu jumlah partisipasi pemilih nantinya bisa meningkat, warga menjadi antusias untuk memberikan hak pilihnya dalam Pilgub Jawa Tengah nanti.

“Seperti di Kecamatan Bagelen ini misalnya, setidaknya ada peningkatan partisipasi pemilih. Jika tahun lalu partisipasi pemilih hanya 60 persen, diharapkan pada Pilgub mendatang bisa naik sesuai target yaitu mencapai 75 persen,” ujarnya.

(Widarto)

 

Lihat Video: