Home / Berita / Pemerintahan / Kwarda Jateng Apresiasi Pramuka di Purworejo
Lomba Kwartir tahun 2018 (wid)

Kwarda Jateng Apresiasi Pramuka di Purworejo

Banyurip | bagelenchannel.com – Kinerja Pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Purworejo kurun waktu tahun 2017 mendapat apresiasi dari Kwartir Daerah Jawa Tengah dalam Penilaian Lomba Kwarcab Tergiat tahun 2018 di Sanggar Pramuka setempat, pada Minggu (6/5/2018).

Tim Kwarda Jateng dipimpin oleh Drs. Agus Wisiyanto, yang juga sebagai bidang organisasi dan hukum, bersama tim penilai lain yaitu bidang binamuda, Adityawisaksono, S.Pt, bidang binawasa dan abdimas, Drs. Sigit Djoko Soetomo dan bidang keuangan usaha, aset dan sarpras, Ir. Mb Setio Bintoro juga DKD Jawa Tengah, Ninda Puspita Dewi.

Kedatangan tim penilai disambut meriah dengan pementasan tari topeng dan paduan suara oleh siswa SMP N 2 Purworejo. Adapun SMP N 2 Purworjo, telah berhasil menyandang prestasi sebagai juara nasional dalam ajang pramuka penggalang ditahun 2017 lalu. Turut hadir wakil bupati Purworejo, Yuli Hastuti dan sejumlah pengurus kwarcab Purworejo.

Tim penilai Kwarda Jateng, Ninda Puspita Dewi saat ditemui mengatakan, Lomba Kwartir tahun 2018 ini dilaksanakan dengan sasaran penilaian dan pembinaan yang ditujukan kepada aktifitas Kwarcab ditahun 2017 pada lima bidang yaitu bidang binawasa, bidang binamuda, bidang organisasi hukum, bidang humas abdimas, dan bidang keuangan sarana prasana.

“Lomba Kwartir itu sebenernya hanya sebagai alat untuk mencapai tujuan yaitu meningkatkan kinerja dan kegiatan Kwarcab-Kwarcab di Jawa Tengah agar peran dan eksistensi gerakan pramuka semakin dirasakan di masyarakat. Lomba itu dititik beratkan pada pembinaan administrasi dan Kwartir cabang, diskusi terbatas dengan pengelola kegiatan bagaimana mempertahankan, meningkatkan  kinerja dan prestasi Kwartir sebagai upaya peningkatan kwalitas peserta didik khususnya dalam bidang gerakan pramuka,” jelasnya.

Penilaian kinerja oleh Tim penilai Kwarda Jateng (wid)

 

Dalam penilaian itu, pihaknya juga berpesan kepada Kwarcab, yaitu dengan akan selesainya kepengurusan Kwarda ditahun 2018 ini, Kwarda Jawa Tengah memberikan apresiasi terhadap kegiatan Kwarcab pada munas 2013 di Kupang, dimana Kwarda Jateng berhasil memperoleh prestasi sebagai Kwarda tergiat. Kwarda meminta dukungan agar munas 2018 di Kendari besok bisa berhasil meraih prestasi kembali.

“Termasuk ditahun 2018 ini, masih banyak kegiatan pramuka yang belum selesai, seperti pesta siaga dan lainya, peran aktif dan dukungan Kwarcab sangat diperlukan,” ujarnya.

Dikatakan, secara umum hasil penilaian dan evalusi tim, Kwartir Cabang Purworejo mampu menggerakan roda organisasi. Hal itu terbukti, kegiatan pembinaan generasi muda lewat Pramuka masih berjalan di Kwarcab Purworejo.

“Secara Organisatoris dan Administrasi, Kwarcab Purworejo mampu melaksanakan kegiatan dengan baik. Itu bisa dilihat dari kegiatan disetiap bidang, namun hasil penilaian ini baru akan kami umumkan pada kegiatan kepramukaan yang akan datang,” jelasnya usai penilaian.

Sementara itu, Waka bidang pembinaan pemuda (bina muda) pada Kwarcab Purworejo, Soekoso, S.Pd, mengatakan, hasil evaluasi dan masukan dari tim Kwarda akan menjadi bahan Kwarcab dalam upaya meningkatkan kegiatan untuk lebih baik lagi pada tahun mendatang.

“Hasil evaluasi tim pada beberapa bidang, Insya Allah siap kita laksanakan. Sehingga kedepan lebih baik lagi,” katanya

(Widarto)

Tentang Bagelen Channel

bagelenchannel.com | TV Onlinenya Purworejo, Khas, Aktual, dan Inspiratif

Baca juga

Berkabung Jajaran Polres Purworejo Kibarkan Bendera Setengah Tiang

Purworejo | bagelenchannel.com – Kantor Polres Purworejo, yang terletak di Jalan Gajah Mada No. 2, …