Lupa Matikan Tungku, Rumah Habis Terbakar

Ngombol | bagelenchannel.com – Malang benar nasib Paijo, warga RT 02/RW 01 Desa Mendiro, Kecamatan Ngombol, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, yang harus kehilangan rumah akibat hangus terbakar, Selasa (01/05/2018) sekitar pukul 15.00 WIB. Rumah Paijo habis dilalap Si Jago Merah akibat diduga api tungku di dapur yang masih menyala, setelah ditinggal pergi sang pemilik rumah.

Kasi Damkar Kantor Satpol PP dan Damkar Kabupaten Purworejo Sumaji, menjelaskan bahwa kebakaran itu terjadi Selasa (01/05/2018) sekitar pukul 15.00 WIB.

“Dari hasil keterangan keluarga, yakni istri Paijo bernama Tri Sumaryati, yang sedang memasak air, lalu ditinggal pergi ke pasar, rumah dalam kondisi kosong dan diduga lupa mematikan api di tungku. Saat pergi itulah, Supriyati tetangganya melihat rumah Paijo sudah dalam kondisi terbakar,” katanya.

Melihat rumah Paijo terbakar, Supriyati langsung memanggil warga lain. Mendengar kabar gaduh itu warga sekitar kemudian beramai-ramai berupaya memadamkan api dengan alat seadanya. Saat itu warga juga melapor ke petugas Damkar Purworejo dan pihak kepolisian Sektor Ngombol.

Mendengar informasi itu, petugas unit Damkar Kabupaten Purworejo langsung datang ke lokasi dengan membawa dua unit mobil pemadam kebakaran.

“Api kemudian berhasil dipadamkan pada pukul 17.00 WIB dengan bantuan warga, petugas kepolisian, petugas koramil dan petugas Kecamatan Ngombol,” ungkapnya.

Harta benda milik korban yang hangus terbakar. (Wid)

 

lebih jauh dijelaskan, bahwa dari hasil penyelidikan sementara, kebakaran terjadi karena diakibatkan oleh api tungku di dapur, yang masih menyala merambat ke seluruh bangunan dapur, yang terbuat dari kayu. Kobaran api kemudian menyambar atap dan seisi ruangan yang menyebabkan rumah korban ludes terbakar.

Meskipun tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun kerugian diperkirakan mencapai kurang lebih Rp 200-an juta. Hal itu dikarenakan seluruh harta benda milik korban ludes terbakar. (Widarto)