Home / Berita / Budaya & Kesenian / Ngabuburit Sambil Ikut Lomba Lukis Mural di Purworejo
Tampak puluhan siswa siswi SMP dan SMA serta para seniman lukis dan muralis Purworejo, mengekspresikan diri dengan melukis mural tembok di sepanjang Gang V Plaosan Purworejo. (Wid)

Ngabuburit Sambil Ikut Lomba Lukis Mural di Purworejo

Purworejo | bagelenchannel.com – Tampak puluhan siswa SMP, SMA dan seniman melukis mural pada dinding-dinding tembok di sepanjang Gang V Plaosan Purworejo, Jawa Tengah. Mereka mengikuti Lomba Lukis Tembok Mural yang diadakan oleh SD Maria Purworejo, Sabtu-Minggu (19-20/05/2018). Selain para peserta lomba juga terdapat para seniman lukis dan muralis Purworejo yang ikut bergabung meramaikan suasana.

Melukis mural tersebut merupakan salah satu kegiatan dari sederet rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut ulang tahun SD Maria ke-90 tahun, yang jatuh pada tanggal 1 Agustus 2018 mendatang.

Hal tersebut dikatakan oleh Koordinator Lomba Lukis Tembok Mural Nicolas Legowo, di sela-sela pelaksanaan kegiatan lomba tersebut.

“Kami ingin berkarya secara nyata, dengan menggali potensi yang ada, guna hadir di tengah-tengah masyarakat dan mengajak seluruh warga masyarakat untuk bersama-sama membangun dan memupuk jiwa nasionalisme, khususnya generasi muda dengan Lomba Lukis Tembok Mural ini,” katanya.

Lebih jauh Nicolas Legowo menjelaskan bahwa dalam Lomba Lukis Tembok Mural itu mengusung tema Bhinneka Tunggal Ika. Dalam lomba tersebut diikuti oleh para siswa siswi SMP dan SMA yang ada di wilayah Kabupaten Purworejo.

“Lomba ini dimulai pada sore hari pukul 15.00 WIB sampai dengan pukul 18.00 WIB. Ya, sambil ngabuburitlah,” tambahnya.

Lukisan mereka bertemakan Bhinneka Tunggal Ika, memberi pesan pentingnya terus memupuk rasa persatuan dan kesatuan guna menjaga keutuhan NKRI (wid)

 

Menurut Nicolas Legowo, dalam lomba itu para peserta tidak dipungut biaya apapun, namun pihak panitia menyediakan snack takjil untuk berbuka puasa.

“Lomba tersebut juga memberikan peluang lebih luas terhadap para remaja dan seniman untuk berekpresi. Mengingat di Kabupaten Purworejo saat ini masih sangat minim ruang ekspresi untuk mereka. Jika sebelumnya hanya bisa berekpresi di atas kertas dan kanvas, sekarang juga bisa di tembok,” jelasnya.

Dalam lomba lukis mural, panitia tidak hanya memberi ruang bagi siswa-siswi atau peserta. Namun dalam kesempatan ini juga, panitia memberikan ruang ekspresi kepada komunitas-komunitas mural di Purworejo, untuk ikut berekspresi dan meramaikan kegiatan positif itu.

Meski para peserta tidak dipungut biaya apapun, namun pihak panitia menyediakan sejumlah hadiah yang cukup menarik berupa uang pembinaan. Untuk juara 1 berhak atas uang pembinaan sebesar Rp 1.500.000,00, kemudian untuk juara 2 sebesar Rp 1.000.000,00, dan untuk juara 3 sebesar Rp 750.000,00.

“Dalam Lomba Lukis Tembok Mural, juga dimeriahkan oleh partisipasi penampilan dari teman-teman Komunitas Musik Purworejo PMP, yang turut ambil bagian live music acustic untuk menghibur para peserta dan seluruh yang hadir,” pungkasnya.

(Widarto/Eko Mulyanto)

loading...

Tentang Bagelen Channel

bagelenchannel.com | TV Onlinenya Purworejo, Khas, Aktual, dan Inspiratif

Baca juga

Kesenian Tradisional Cokekan Hibur Penumpang di Stasiun KA Kutoarjo

Kutoarjo | bagelenchannel.com – Ada yang beda saat memasuki area tunggu penumpang Stasiun Kereta Api …