Home / Berita / Ekonomi / Pasar Ramadhan Joso Angkat UMKM dan Gerakkan Perekonomian Desa
Bupati Purworejo H Agus Bastian, SE, MM, berdialog dengan para pedagang Pasar Ramadhan Joso saat melakukan peninjauan stand. (Ist)

Pasar Ramadhan Joso Angkat UMKM dan Gerakkan Perekonomian Desa

Ngombol | bagelenchannel.com – Jelang Bulan Suci Ramadhan 1439 H Karang Taruna Desa Joso, Kecamatan Ngombol, bersama Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, menggelar Pasar Ramadhan. Rencananya Pasar Ramadhan Joso itu akan digelar selama 26 hari, sejak tanggal 16 Mei-13 Juni 2018 mendatang.

Pasar yang baru pertama kali diadakan itu, selain untuk menyambut serta mengisi kegiatan Bulan Suci Ramadhan, sekaligus juga untuk mengembangkan usaha mikro kecil menengah (UMKM). Kegiatan tersebut mendapat perhatian dari Bupati Purworejo H Agus Bastian, SE, MM, dan berkenan membuka secara resmi Pasar Ramadhan Joso, Rabu (16/05/2018).

Bupati Purworejo H Agus Bastian, SE, MM, menyambut baik dan ikut mendukung adanya kegiatan positif itu. Sebab dengan adanya Pasar Ramadhan Joso, secara otomatis akan mampu menggerakkan roda perekonomian desa setempat.

“Pasar Ramadhan ini merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Purworejo melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan Kabupaten Purworejo, bekerjasama dengan Karang Taruna Joso. Harapannya dapat mendorong Usaha Mikro Kecil Menengah untuk dapat berkembang. Selain itu juga untuk memasarkan produk-produk andalan Kabupaten Purworejo, sekaligus menghidupkan perekonomian di Desa Joso,” katanya.

Dengan ditandai pemukulan bedug Bupati Purworejo H Agus Bastian, SE, MM, secara resmi membuka Pasar Ramadhan Joso (ist)

 

Pembukaan Pasar Ramadhan Joso yang letaknya tak jauh dari Kantor Kecamatan Ngombol itu, ditandai dengan pemukulan bedug oleh Bupati Purworejo H Agus Bastian, SE, MM. Turut mendampingi Bupati dalam pembukaan itu Sekda Kabupaten Purworejo Drs. Said Romadhon, Plt. Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan Kabupaten Purworejo Kendrasmoko, MSi, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Purworejo Drs. Agus Budi Supriyanto, MSi, Kabag Hukum Setda Purworejo Setyowati, SH, Plt. Camat Ngombol Rita Purnama, SSTP, dan Perwakilan Bank Jawa Tengah.

Lebih jauh Bupati berharap, agar Pasar Ramadhan Joso dapat menjadi agenda tahunan, utamanya menjelang dan selama Bulan Suci Ramadhan. Bahkan apabila memungkinkan, ke depan tidak hanya digelar di satu tempat saja, melainkan di beberapa tempat yang berbeda.

“Pasar ini bisa juga diadakan di desa-desa lainnya. Selain bisa berkontribusi menumbuhkan dan mengembangkan geliat Usaha Mikro Kecil Menengah, juga dapat memberikan kemudahan bagi warga masyarakat yang ingin mencari kebutuhan selama bulan puasa,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Bupati juga menyerahkan secara simbolis bantuan RTLH dari Baznas senilai Rp 10 juta dan voucher belanja bagi warga kurang mampu.

Sementara itu, Plt. Camat Ngombol Rita Purnama, SSTP, menjelaskan bahwa dengan adanya Pasar Ramadhan Joso itu pihaknya ingin menggiatkan potensi produk lokal yang ada di wilayah Kabupaten Purworejo, khususnya potensi produk lokal di Kecamatan Ngombol.

Dengan digelar Pasar Ramadhan Joso, diharapkan akan mampu mendongkrak UMKM dan menggerakkan roda perekonomian desa setempat (ist)

 

Pihaknya juga berupaya untuk sedikit mengentaskan kemiskinan, dengan memberikan bantuan dari sponsor berupa 334 voucher belanja bagi warga kurang mampu di wilayah Kecamatan Ngombol.

“Kami berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya Pasar Ramadhan Joso ini. Mari bersama-sama menyukseskan kegiatan ini selama 26 hari ke depan,” ujarnya.

(Eko Mulyanto/Widarto)

Tentang Bagelen Channel

bagelenchannel.com | TV Onlinenya Purworejo, Khas, Aktual, dan Inspiratif

Baca juga

Angkat Kopi Lokal Purworejo, Kedai Pekarangan Jadi Rujukan Pecinta Kopi

Purworejo | bagelenchannel.com – Kedai Pekarangan, yang terletak di Jalan Semawung Nomor 9, Dusun Manggisan …