Satlantas Polres Purworejo Goes to Campus di UMP

Purworejo | bagelenchannel.com – Program Police Goes to Campus yang digelar oleh Satlantas Polres Purworejo, Jawa Tengah, sebagai bagian dari kampanye tertib berlalu lintas terus digalakkan. Salah satunya menyasar ke Universitas Muhammadiyah Purworejo, yang dilakukan belum lama ini.

Kegiatan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) tersebut dipimpin oleh Kanit Dikyasa Polres Purworejo IPTU Ida Wida Astuti berserta 3 anggota Satlantas Polres Purworejo. Menariknya kegiatan itu tak hanya diikuti oleh seluruh Mahasiswa Teknik Otomotif, namun juga diikuti oleh para dosen dan staf tenaga pengajarnya.

Diungkapkan oleh Kanit Dikyasa Polres Purworejo IPTU Ida Wida Astuti, bahwa kegiatan Police Goes to Campus tersebut merupakan wujud komitmen kepolisian dalam membangun kesadaran tertib berkendara kepada warga masyarakat usia muda. Dalam program Police Goes to Campus itu, juga diberikan berbagai materi terkait tentang kesadaran berlalulintas.

Lebih jauh dikatakan, bahwa dalam kegiatan tersebut disampaikan beberapa materi tentang tertib berlalulintas kepada para peserta. Sosialisasi bertujuan agar peserta tidak melakukan pelanggaran lalu lintas sekecil apapun untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas.

“Kami juga mengingatkan kepada para mahasiswa untuk tidak mengendarai kendaraan bermotor bagi yang belum memiliki Surat Ijin Mengemudi (SIM) dan dihimbau agar menggunakan kendaraan umum jika menuju ke kampus,” katanya.

IPTU Ida Wida Astuti juga mengingatkan kepada semua peserta untuk ikut peduli terhadap Kamseltibcar Lantas dengan menggunakan helm saat berkendara dan melengkapi surat-surat kendaraanya.

“Setiap berkendara wajib memakai helm SNI, membawa SIM, STNK dan kelengkapan kendaraan lainnya saat berkendara dengan kendaraan bermotor ke kampus,” tambahnya.

Disampaikan pula oleh IPTU Ida Wida Astuti, bahwa dari data yang ada menunjukkan angka kecelakaan yang melibatkan pelajar masih cukup tinggi. Oleh karena pihaknya kembali menegaskan bahwa tertib berlalulintas di jalan raya merupakan hal wajib untuk dilaksanakan oleh setiap pengendara di jalan.

“Karena itu merupakan modal dasar bagi pemakai jalan agar selamat di jalan raya,” tandasnya.

Komitmen pihaknya untuk tidak akan pernah bosan berkampanye soal ketertiban dan keselamatan berlalu lintas. Berbagai cara akan ditempuh, termasuk memberikan shock therapy bagi pengendara di areal-areal yang kerap terjadi pelanggaran dan kecelakaan.

Satlantas Polres Purworejo mengajak seluruh mahasiswa untuk bisa mulai membiasakan hidup tertib berlalulintas agar dapat menjadi pelopor keselamatan berkendara bersama-sama. Dalam kegiatan itu juga dilakukan safety riding yang benar terkait cara cek kendaran sebelum digunakan.

Sementara itu secara terpisah Kapolres Purworejo AKBP Teguh Triprasetya, SIK, melalui Kasat Lantas AKP Himawan Aji Angga, SH, SIK, mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan wujud kepedulian Satlantas Polres Purworejo kepada warga masyarakat terutama bagi mahasiswa agar lebih mengetahui peraturan dalam berlalulintas sehingga terciptanya situasi Kamseltibcarlantas, yang kondusif di wilayah hukum Purworejo. (Eko Mulyanto)