Home / Berita / Pendidikan / Sekolah TK Agar Tanamkan Cinta NKRI Sejak Dini
Penanaman kecintaan terhadap NKRI sejak usia dini, diharapkan akan menjadi pondasi yang kuat agar kelak akan menjadi generasi penerus bangsa yang cerdas serta memiliki dan memelihara keutuhan NKRI. (Wid)

Sekolah TK Agar Tanamkan Cinta NKRI Sejak Dini

Purworejo | bagelenchannel.com – Ketua Yayasan Dian Dharma Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, yang membawahi TK Pertiwi, Ny. Dra. Erna Setyowati Said Romadhon mengingatkan, bahwa sekolah Taman Kanak-Kanak (TK) sebagai pendidikan awal tentu sangatlah penting dalam mengenalkan budaya yang ada. Termasuk menanamkan jiwa anak sejak dini, akan kecintaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Dengan pondasi yang kuat sejak dini, kelak akan menjadi generasi penerus bangsa yang cerdas serta memiliki dan memelihara keutuhan NKRI.

Hal itu disampaikan oleh Ny. Dra. Erna Setyowati Said Romadhon, pada kegiatan perpisahan TK Pertiwi Cabang Purworejo, yang berlokasi di jalan Kolonel Sugiyono atau tepatnya di belakang Gedung Wanita Ahmad Yani Purworejo. Turut menghadiri kegiatan tersebut Ny. Yuli Sutrsino, Ny. Endang Menot, dan Ny. Rimi Anas.

Lebih jauh Ny. Dra. Erna Setyowati Said Romadhon mengatakan, bahwa cinta NKRI bisa ditanamkan kepada anak melalui berbagai kegiatan di sekolah maupun di luar sekolah.

“Tentu pendidikan di tingkat anak, agar dibuat yang menyenangkan supaya tanpa terasa ilmu yang disampaikan kepada anak bisa terserap dengan baik,” tuturnya.

Menurutnya, pendidikan di TK Pertiwi juga telah menerapkan pelajaran cinta tanah air NKRI dengan mengenalkan budaya yang ada di Indonesia. Bahkan juga mengenalkan budaya yang dimiliki oleh Kabupaten Purworejo.

“Saya harapkan untuk terus diaplikasikan dalam mendidik dan bisa lebih ditingkatkan lagi sehingga anak-anak kelak sebagai generasi penerus bangsa sampai kapanpun dan dimanapun berpijak akan tetap cinta NKRI,” harapnya.

Diakuinya bahwa TK Pertiwi memiliki kedekatan dan kerjasama yang baik dalam menjalin komunikasi antara sekolah dengan orangtua murid.

“Seperti yang terlihat pada perpisahan saat ini, orangtua sangat mendukung pelaksanaan kegiatan perpisahan yang dirangkai dengan berbagai tampilan kesenian yang dibawakan anak-anak. Bahkan juga pemberian cinderamata untuk sekolah. Mungkin jalinan kerjasama yang sedemikian baik, hanya ada di TK ini. Perlu dipahami pentingnya mendidik anak-anak secara bersama-sama antar sekolah dan orangtua murid,” tandasnya.

Sementara itu Kepala Sekolah TK Pertiwi Eny Murtiastuti, SPd, menjelaskan, bahwa dalam perpisahan ini diikuti oleh 40 anak-anak TK, yang terdiri atas 17 putra dan 23 putri. Dalam perpisahan itu juga dimeriahkan dengan menampilkan semua anak-anak untuk tampil. Tujuannya agar anak berani dan mandiri.

“Untuk kegiatan belajar selain di kelas juga di luar kelas. Termasuk melaksanakan upacara setiap hari Senin agar tertanam disiplin dan cinta NKRI, juga latihan tari dolalak setiap hari Rabu. Prestasi yang diraih diantaranya juara 2 mewarnai, dan juara 2 melukis. Lulusan dari TK Pertiwi, alhamdulillah banyak yang masuk di SD Negeri,” jelasnya.

(Widarto)

Tentang Bagelen Channel

bagelenchannel.com | TV Onlinenya Purworejo, Khas, Aktual, dan Inspiratif.

Periksa juga

Juli Mendatang 6 Siswa SMAN 1 Maju OSN Tingkat Nasional

Purworejo | bagelenchannel.com – Sebanyak enam siswa SMA Negeri 1 Purworejo, Jawa Tengah, lolos dalam …

Tinggalkan Balasan