Home / Berita / Budaya & Kesenian / Tim EA Mural Crew SMKN 1 Purworejo Juara Lukis Mural
Tim EA Mural Crew dari SMK Negeri 1 Purworejo berhasil meraih Juara I dalam ajang Lomba Lukis Tembok Mural yang diadakan oleh SD Maria Purworejo. (Ist)

Tim EA Mural Crew SMKN 1 Purworejo Juara Lukis Mural

Purworejo | bagelenchannel.com – Akhirnya Tim EA Mural Crew dari SMK Negeri 1 Purworejo berhasil meraih Juara I dalam ajang Lomba Lukis Tembok Mural yang diadakan oleh SD Maria Purworejo, Sabtu-Minggu (19-20/05/2018) lalu. Tim tersebut mampu mengungguli lawan-lawannya, karena lukisan muralnya yang berjudul; Manunggal Dalam Ragam mampu menyedot perhatian para dewan yuri, hingga akhirnya dinyatakan sebagai pemenangnya.

Kemudian disusul oleh Tim Spenska dari SMP Negeri 4 Purworejo duduk menjadi Juara II. Tim kebanggaan SMP Negeri 4 Purworejo tersebut melukis mural dinding tembok SD Maria Purworejo dengan judul; Bersatu Kita INDONESIA. Sementara itu lukisan mural berjudul; Menghargai Perbedaan, karya Tim Garuda Milenial dari SMA Bruderan Purworejo berhasil meraih Juara III dalam Lomba Lukis Tembok Mural bertemakan Bhinneka Tunggal Ika tersebut.

Diungkapkan oleh Koordinator Lomba Lukis Tembok Mural Nicolas Legowo, bahwa dalam perlombaan yang digelar untuk menyambut ulang tahun SD Maria Purworejo ke-90 tahun itu, diikuti oleh 9 tim.

“Penilaian yang dilakukan berdasarkan kesesuaian dengan tema, kontras warna, pesan moral, kerapian, dan netralitas. Pada dasarnya semua peserta sudah memahami dan masuk pada tema yang ditentukan oleh pihak panitia. Hasilnya juga bagus-bagus, namun dari sembilan tim peserta tadi terdapat 3 tim peserta yang paling menonjol,” katanya.

Lebih jauh Nicolas Legowo menerangkan bahwa panjang tembok yang dilukis mural kurang lebih sepanjang 60 meter. Untuk masing-masing peserta mendapat slot sekitar 2 meter x 3 meter dan sisanya dilukis oleh komunitas sebagai bentuk partisipasi guna meramaikan perlombaan.

“Bahkan saking antusiasnya para partisipan dari komunitas, sampai-sampai panitia kekurangan tembok atau media untuk dilukis mural. Sehingga mereka harus berbagi ide, konsep dan pengerjaan. Sebuah kolaborasi yang sungguh indah, berangkat dari keberagaman hingga melahirkan kebersamaan yang indah,” paparnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, bahwa puluhan siswa SMP, SMA dan seniman melukis mural pada dinding-dinding tembok di sepanjang Gang V Plaosan Purworejo, Jawa Tengah. Mereka mengikuti Lomba Lukis Tembok Mural yang diadakan oleh SD Maria Purworejo, Sabtu-Minggu (19-20/05/2018). Selain para peserta lomba juga terdapat para seniman lukis dan muralis Purworejo yang ikut bergabung meramaikan suasana.

Melukis mural tersebut merupakan salah satu kegiatan dari sederet rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut ulang tahun SD Maria Purworejo ke-90 tahun, yang jatuh pada tanggal 1 Agustus 2018 mendatang. (Eko Mulyanto)

Tentang Bagelen Channel

bagelenchannel.com | TV Onlinenya Purworejo, Khas, Aktual, dan Inspiratif

Baca juga

Masjid Kuno Santren Bagelen Hadiah Sultan Agung Mataram

Bagelen | bagelenchannel.com – Masjid Santren Bagelen yang berada di Dusun Santren, Desa Bagelen, Kecamatan …