Home / Berita / Kemanusiaan / Bantuan Kursi Roda untuk Guru TK Ulul Albab

Bantuan Kursi Roda untuk Guru TK Ulul Albab

Purworejo | bagelenchannel.com – Rasa gembira dan syukur tampak diraut wajah Yatin Haryati (40), warga Desa Kedung Agung, Kecamatan Butuh, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Yatin Haryati, mengalami kelainan fisik sejak lahir akibat diagnosa TBC tulang sejak kecil, sehingga kedua kakinya menjadi rapuh dan tak bisa berjalan hingga sekarang itu, kembali mendapat bantuan kursi roda baru dari Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah. Kursi roda baru itu diberikan secara langsung oleh Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah, baru-baru ini. Penyerahan berlangsung di Gedung Panti Pelayanan Sosial Anak Dharma Putra Purworejo. Tak hanya Yatin Haryati, warga difabel lain yaitu Nurul Siti Lestari, warga Kelurahan Baledono, Kecamatan Purworejo, juga turut menerima bantuan kursi roda.

“Ini akan sangat membantu bagi Ibu Yatin, dalam mengajar anak-anak TK Ulul Albab 4, dimana jarak antara rumah dengan sekolah cukup jauh. Sehingga sangat dibutuhkan alat bantu untuk perjalanan mengajar dengan aman dan nyaman,” tutur Karsinah, seorang pemerhati difable asal Kecamatan Butuh, yang ikut mengantar Yatin Haryati saat menerima bantuan kursi roda.

Lebih jauh Karsinah mengatakan, bahwa di wilayah Kabupaten Purworejo, masih terdapat sejumlah difabel yang masih membutuhkan bantuan kursi roda, dan telah diajukan ke Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah, namun belum seluruhnya bisa mendapatkan bantuan.

“Dari hasil kunjungan yang kami lakukan di lapangan, sebenarnya masih ada 5 penyandang difabel yang saya ajukan, namun baru Ibu Yatin Haryati, yang bisa mendapatkan,” katanya.

Menurutnya, Yatin Haryati bukan belum pernah mendapatkan bantuan, namun guna mendukung proses mengajar yang dilakukan, maka ibu Yatin membutuhkan kursi roda yang lebih nyaman dan aman untuk digunakan dalam mobilisasi mengajar.

“Dia sudah punya, dan diganti dengan yang baru, adapun yang lama nanti akan dipinjamkan kepada difabel lain yang membutuhkan,” ujarnya.

Petugas sosial dari Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah Ari Susetyo, mengatakan bahwa bantuan kursi roda itu diberikan merupakan program hasil kerjasama antara Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah dengan Yusipi Roda Kemanusiaan untuk membantu para difable yang membutuhkan kursi roda.

“Di Purworejo baru dua yang bisa mendapatkan bantuan kursi roda, dan memang masih ada beberapa lagi yang masih kita usulkan,” katanya.

Dijelaskan oleh Ari Susetyo, bahwa untuk awal, kriteria bagi difabel yang bisa mendapatkan bantuan kursi roda saat ini yaitu para difabel yang bisa duduk tegak atau lurus.

“Karena kemampuan petugas yang baru bisa melayani bantuan jenis itu. Tapi ke depan akan ada bantuan dengan kriteria intermediet, yaitu yang akan dilayani oleh para petugas yang intermedia,” jelasnya.

Pihaknya berharap, ada bantuan dari masyarakat untuk memberikan informasi kepada Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah, tentang para difabel yang membutuhkan, sehingga pemerintah bisa menjangkau secara langsung apa yang dibutuhkan mereka dengan sebaik baiknya.

Sementara itu, Yatin Haryati mengaku senang dengan pemberian kursi roda itu.

“Ini lebih nyaman dan baik, dan saya ucapkan terima kasih kepada Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah, yang telah membantu saya,” ucapnya.

(Widarto)

Tentang Bagelen Channel

bagelenchannel.com | TV Onlinenya Purworejo, Khas, Aktual, dan Inspiratif

Baca juga

Kodim Bersama BG3 Lakukan Penghijauan Sedekah Lingkungan

Gebang | bagelenchannel.com-Komando Distrik Militer (Kodim) 0708 Purworejo berkerja sama dengan Komunitas Bintang Gajah Gajah …