Home / Wisata / Pantai Mutiara Biru Wahana Baru Menarik di Jatikontal
Keindahan suasana pantai dan perahu nelayan (Wid)

Pantai Mutiara Biru Wahana Baru Menarik di Jatikontal

Purwodadi | bagelenchannel.com – Ingin berwisata menikmati keindahan suasana pantai dan belajar menjadi seorang nelayan, datang saja ke obyek wisata Pantai Mutiara Biru, yang terletak di Desa Jatikontal, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Karena pihak pengelola telah bekerjasama dengan nelayan setempat untuk kegiatan edukasi. Pengelola juga mulai menghijaukan kawasan pesisir dengan menanam pohon bakau.

Selain itu juga dibangun sejumlah sarana di hutan cemara pantai, seperti wahana permainan outbound dan kolam bermain anak. Menurut salah satu pengelola Wahyudi mengatakan, bahwa pemanfaatan kawasan pantai dilakukan bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Desa Wisata Mangrove Jatikontal atau disingkat Dewimanja.

“Warga menggagas untuk melakukan rebranding terhadap lokasi Pantai Jatikontal menjadi Pantai Mutiara Biru, agar bisa lebih produktif lagi,” katanya.

Sarana kolam renang mampu menyedot pengunjung terutama anak-anak. (Wid)

Sebab, selama ini warga masyarakat tidak pernah mengenal potensi wisata Pantai Jatikontal. Pantai itu hanya dikenal sebagai tempat pendaratan ikan setelah pemerintah membangun Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Jatikontal. Meski demikian aktifitas nelayan tangkap di sana kurang masif karena sebagian besar warganya lebih memilih menjadi petambak udang.

Dari hasil diskusi dengan beberapa warga akhirnya muncul gagasan untuk menamai pantai itu sebagai Pantai Mutiara Biru.

“Dengan ganti nama, kami berharap ada perubahan pandangan masyarakat umum terhadap Pantai Jatikontal, yang menurutnya cukup layak untuk dikunjungi,” tambahnya.

Sudah lumayan banyak anak-anak dari berbagai tingkatan pendidikan, mulai dari PAUD atau TK, SD, SMP hingga SLTA asyik berpetualangan di Pantai Mutiara Biru Jatikontal untuk mengenal budaya nelayan dan bermain di area ketangkasan yang dibuat para pemuda Desa Jatikontal.

Menyusuri hutan pohon bakau di Pantai Mutiara Biru mampu menghilangkan kepenatan. (Wid)

Pengenalan profesi nelayan dengan diajak mengenal berbagai peralatan tangkap ikan dan perahu, lengkap dengan mesinnya. Setelah mengenal berbagai aktivitas nelayan, para pengunjung diajak untuk bermain di sekitar pantai. Dengan bermain beberapa wahana permainan outbound, seperti merayap, meniti bambu dan menyeberang tali. Termasuk di dalamnya dengan kegiatan gogoh atau menangkap ikan.

Melihat banyaknya penyu yang sedang bertelur di pantai tersebut lantas pihak pengelola ke depan akan membuat penangkaran penyu di lokasi Pantai Mutiara Biru Desa Jatikontal. (Widarto)

loading...

Tentang Bagelen Channel

bagelenchannel.com | TV Onlinenya Purworejo, Khas, Aktual, dan Inspiratif

Baca juga

Hebat Ada Patung Gajah Bambu di Alun Alun Besar Purworejo

Purworejo | bagelenchannel.com – Ada yang tampak berbeda di Alun-alun Besar Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, …