Home / Berita / Unik / Ratusan Pemancing Ikuti Gebyar Mancing Mania Butuh
Ratusan orang pemancing dari berbagai wilayah, mengikuti Lomba Mancing bertajuk Gebyar Mancing Mania Butuh. (Ist)

Ratusan Pemancing Ikuti Gebyar Mancing Mania Butuh

Butuh | bagelenchannel.com – Ratusan orang pemancing dari berbagai wilayah tampak berjajar di pinggir saluran irigasi di Dusun Krajan RT 01/RW 01, Desa Butuh, Kecamatan Butuh, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, untuk mengikuti Lomba Mancing bertajuk Gebyar Mancing Mania Butuh, baru-baru ini.

Lomba mancing yang diadakan oleh Karang Taruna Desa Butuh itu terbilang cukup unik, karena dilakukan di sepanjang aliran air saluran irigasi bukan di kolam pemancingan. Dalam lomba itu para peserta cukup tertantang untuk memancing ikan di air yang mengalir.

Menurut penuturan Ketua Panitia Penyelenggara Sudiyono, bahwa lomba itu diikuti sebanyak 975 orang pemancing. Para peserta tak hanya berasal dari lokal Desa Butuh, namun juga diikuti oleh warga desa tetangga maupun luar daerah.

“Seperti Kebumen, Wonosobo, Yogyakarta, dan beberapa kecamatan di wilayah Kabupaten Purworejo. Lomba mancing digelar mulai pukul 11.00-15.00 WIB. Dengan pembagian waktu 1 jam untuk lomba, 1 jam untuk pembagian hadiah dan hiburan serta 1 jam untuk galatama atau mancing bebas,” katanya.

Lebih jauh dijelaskan oleh Sudiyono bahwa setiap peserta diwajibkan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 40 ribu. Pihak panitia menyediakan berbagai hadiah bagi para peserta lomba mancing. Untuk hadiah utama disediakan uang sebesar Rp 7.500.000,00 serta sejumlah uang lainnya sesuai dengan kategori kejuaraan yang diraih.

“Selain hadiah utama pihak panitia juga menyediakan berbagai hadiah hiburan berupa sejumlah peralatan memancing. Para pemenang diharuskan memenuhi ketentuan yang berlaku, yaitu ikan harus benar-benar makan pancing peserta, bukan berupa hasil cekrik,” tambahnya.

Dalam lomba mancing itu hadiah utama diraih oleh Ngatijo, seorang peserta bernomor 2132, asal Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen dengan berat ikan lele yang dipancing 2,46 kilogram. Ngatijo berhak membawa pulang hadiah utama berupa uang sebesar Rp 7.500.000,00. Pemenang kedua diraih oleh Bangkit, peserta bernomor 1660, asal Desa Ketug, Kecamatan Butuh, dengan berat ikan lele yang dipancing 1,81 kilogram. Bangkit berhak membawa pulang hadiah berupa uang sebesar Rp 4 juta.

Sementara itu di urutan ketiga diraih oleh Irfan peserta bernomor 1160, asal Kecamatan Sapuran, Kabupaten Wonosobo dengan berat ikan lele yang dipancing 1,67 kilogram. Irfan berhak atas hadiah uang sebesar Rp 2.500.000,00, untuk dibawa pulang. Di urutan keempat ada peserta bernama Ismail, asal dari Yogyakarta. Peserta bernomor 1196 itu berhasil memancing ikan lele seberat 1,38 kilogram dan berhak membawa pulang hadiah uang sebesar Rp 1 juta.

Di urutan kelima diraih oleh Heru asal Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen. Peserta bernomor 1290 tersebut berhasil memancing ikan lele seberat 1,30 kilogram dan berhak atas hadiah uang sebesar Rp 750 ribu. Di juru kunci dimenangkan oleh Slamet asal Desa Sangubanyu, Kecamatan Grabag. Peserta bernomor 930 itu berhasil memancing ikan lele seberat 1,25 kilogram dan membawa pulang hadiah uang sebesar Rp 500 ribu. Untuk memeriahkan suasana lomba mancing, dalam kegiatan itu, pihak panitia juga menggelar hiburan musik organ tunggal. (Eko Mulyanto)

Tentang Bagelen Channel

bagelenchannel.com | TV Onlinenya Purworejo, Khas, Aktual, dan Inspiratif

Baca juga

TPS Nuansa Piala Dunia Warga Diberi Kartu Merah Usai Mencoblos

Purworejo | bagelenchannel.com – Ada yang menarik dalam gelaran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa …