Home / Berita / Unik / Sungguh Unik Pilkada Rasa Piala Dunia di Purworejo
Berbagai pernak-pernik Piala Dunia 2018 menghiasi seluruh ruangan TPS yang bertempat di Balai Desa Bragolan tersebut. (Eko)

Sungguh Unik Pilkada Rasa Piala Dunia di Purworejo

Purwodadi | bagelenchannel.com – Suasana demam piala dunia turut mewarnai jalannya pelaksanaan pemungutan suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah, di wilayah Kabupaten Purworejo, Rabu (27/06/2018). Hal itu tampak pada konsep desain Tempat Pemungutan Suara (TPS) 3 Desa Bragolan, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo.

Tampak dari depan berbagai pernak-pernik Piala Dunia 2018 menghiasi seluruh ruangan TPS yang bertempat di Balai Desa Bragolan tersebut. Di depan Selain bendera negara-negara peserta kejuaraan sepakbola se-jagad itu, di dalam TPS juga dipasang sejumlah maskot Piala Dunia di Rusia tersebut.

Seluruh anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) juga mengenakan kaos kostum sepak bola negara peserta piala dunia. Kecuali untuk Linmas, yang tetap mengenakan seragam seperti biasanya.

Di lokasi TPS juga terdapat dua tiang gawang dan di gantung sebuah bola. Untuk gawang pertama berada di depan pintu masuk TPS serta satu gawang lagi berada di dalam TPS. Lantai ruangan TPS digaris layaknya sebuah lapangan sepak bola sungguhan. Di tengah lapangan dan di depan kotak pinalti diletakan beberapa bola.

Seluruh anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) juga mengenakan kaos kostum sepak bola negara peserta piala dunia. (Eko)

Sementara itu di sisi ruangan TPS yang berhadapan dengan tempat duduk tunggu pemilih terdapat sebuah tivi layar lebar yang sedang menyiarkan sebuah pertandingan Piala Dunia 2018. Di pintu masuk TPS terdapat tulisan yang berbunyi Selamat Datang Di Stadion Griya Tama TPS 3 Piala Dunia.

Di gapura pintu masuk TPS juga terdapat slogan sportifitas layaknya sebuah pertandingan sepak bola. Slogan tadi bertuliskan Pilgub Is Fair Play, yang artinya kurang lebih memberikan pesan agar menjaga sportifitas dalam gelaran pelaksanaan pemungutan suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah, tidak ada kecurangan.

Menurut Anggota PPS Bragolan Joko Susilo, bahwa pembuatan TPS bertema Piala Dunia 2018 ini dipilih, karena pelaksanaan pemungutan suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah, waktunya bersamaan dengan digelarnya kompetisi Piala Dunia 2018 di Rusia.

“Kebetulan kan Pilgub Jateng pelaksanaannya bersamaan dengan Piala Dunia 2018, sehingga pihak panitia berinisiatif membuat TPS bernuansa Piala Dunia,” katanya.

Selain didesain ala Piala Dunia 2018, di TPS 3 Bragolan juga dilakukan pengundian doorprice bagi para pemilih yang datang. (Eko)

Selain unik tema tersebut bertujuan untuk menghilangkan kejenuhan serta meningkatkan kehadiran pemilih ke TPS untuk menggunakan hak pilihnya. Hal tersebut mendapatkan tanggapan positif dari warga masyarakat, terbukti warga sangat antusias untuk datang memberikan hak suaranya di TPS ini.

“Jumlah DPT di TPS 3 Bragolan sebanyak 368 pemilih. Berdasarkan pantauan hingga pukul 12.15 WIB dari jumlah DPT itu sudah hadir untuk melaksanakan hak pilihnya sebanyak 230 pemilih atau sekitar 60 persen. Sementara itu untuk DPT di Desa Bragolan terdapat 1313 pemilih dan 4 TPS. Dari pengalaman pemilu sebelumnya tingkat kehadiran pemilih di Desa Bragolan mencapai 60 persen,” imbuhnya.

Selain didesain ala Piala Dunia 2018, di TPS 3 Bragolan juga dilakukan pengundian doorprice bagi para pemilih yang datang. Pihak panitia menyediakan puluhan doorprice menarik untuk ikut memeriahkan suasana Pilgub kali ini.

Ditambahkan oleh Joko Susilo bahwa di 3 TPS lainnya juga didesain menarik, yakni untuk TPS 1 dikonsep sebagai TPS bertema Jawa Klasik semua petugasnya memakai pakaian adat Jawa dan asesoris kuno. Kemudian untuk TPS 2 bertemakan ala resepsi pernikahan adat Jawa, lantas untuk TPS 4 dikonsep seperti festival atau perayaan peringatan 17 Agustus-an. Ia berharap agar dengan konsep unik itu bisa meningkatkan kehadiran jumlah pemilih hingga 70 persen.

Salah seorang pemilih Ika Purwita, mengaku senang dengan TPS bernuansa Piala Dunia 2018 itu. Kegembiraannya itu bertambah manakala dirinya juga mendapat doorprice dari panitia saat mengambil undian.

“Ya nggak apa-apa. Bagus, biar tambah meriah coblosannya,” katanya.

(Eko Mulyanto)

 

loading...

Tentang Bagelen Channel

bagelenchannel.com | TV Onlinenya Purworejo, Khas, Aktual, dan Inspiratif

Baca juga

HUT Kemerdekaan Warga Nadri Gelar Doa Bersama Di Tengah Jalan

Bagelen | bagelenchannel.com – Puluhan warga Dusun Nadri, Desa Krendetan, Kecamatan Bagelen, Kabupaten Purworejo, Jawa …