Home / Berita / Kesehatan / Tekan Laka Akibat Narkoba Polres Purworejo Gelar Test Urine
Setidaknya terdapat 26 sopir yang menjalani test urine dan dari hasil test tersebut tidak terdapat sopir bus yang terindikasi memakai Narkoba. (Eko)

Tekan Laka Akibat Narkoba Polres Purworejo Gelar Test Urine

Banyuurip | bagelenchannel.com – Guna terus menekan angka kecelakaan akibat penyalah gunaan Narkoba serta peredaran gelap Narkoba di kalangan para pengemudi angkutan umum selama arus mudik dan arus balik Lebaran Tahun 2018, Satuan Reserse Narkoba Polres Purworejo, menggelar test urine. Test urine tersebut digelar di Terminal Bus Purworejo, belum lama ini.

Selain test urine puluhan pengemudi bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) maupun pengemudi bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), yang melintas juga menjalani cek kesehatan.

Menurut Kasat Resnarkoba Polres Purworejo Iptu Saptohadi, SPd, SH, MH, bahwa kegiatan tersebut digelar dalam rangka Operasi Ketupat Candi Tahun 2018. Bertujuan untuk mengetahui apakah para pengemudi terindikasi memakai Narkoba atau tidak selama menjalankan bus yang dikemudikannya.

“Hal itu dilakukan guna menjaga keselamatan para penumpang yang sedang melakukan mudik Lebaran. Sebab jika memang terbukti memakai Narkoba, maka akan dapat membahayakan para penumpang, sehingga akan ditindak secara tegas,” katanya.

Dalam test urine tersebut Satresnarkoba Polres Purworejo melibatkan Satlantas Polres Purworejo, Urkes Polres Purworejo, Dinas Perhubungan Kabupaten Purworejo, TNI dan Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo. (Eko)

Lebih jauh dikatakan oleh Iptu Saptohadi, SPd, SH, MH, bahwa pada giat itu pihaknya menerjunkan 25 personil gabungan bersama Satlantas Polres Purworejo, Urkes Polres Purworejo, Dinas Perhubungan Kabupaten Purworejo, TNI dan Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo.

“Tak hanya sopir utama yang menjalani test urine, namun test urine juga dilakukan terhadap sopir cadangan. Setidaknya terdapat 26 sopir yang menjalani test urine dan dari hasil test tersebut tidak terdapat sopir bus yang terindikasi memakai Narkoba,” imbuhnya.

Test urine merupakan kegiatan rutin dan berkala yang dilaksanakan saat arus mudik dan arus balik Lebaran. Sebelumnya di tempat yang sama, Jajaran Satlantas Polres Purworejo dan beberapa instansi terkait juga melaksanakan test kesehatan dan test urine terhadap puluhan pengemudi bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) maupun pengemudi bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), yang sedang melintas.

Diungkapkan oleh Kanit Dikyasa Sat Lantas Polres Purworejo Iptu Ida Widaastuti, pada kesempatan itu juga dilakukan pengecekan terhadap fungsi rem, wiper, palu pemecah kaca, kotak P3K, ban dan ban cadangan, pemadam kebakaran, surat-surat kendaraan seperti SIM, STNK, Buku Uji/KIR, maupun KPS.

Kepada para pengemudi Iptu Ida Widaastuti, berpesan agar selalu berhati-hati dan waspada ketika berkendara. (Eko)

Setidaknya terdapat 20 pengemudi yang menjalani test urine tidak ditemukan indikasi memakai Narkoba. Demikian pula saat diperiksa tidak ditemukan pelanggaran baik surat-surat, perlengkapan dan kelengkapan kendaraan.

“Pada kesempatan tersebut juga dilakukan hibauan-himbauan terkait keamanan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas baik kepada para penumpang maupun para sopir maupun awak bus,” katanya.

Kepada para pengemudi Iptu Ida Widaastuti, berpesan agar selalu berhati-hati dan waspada ketika berkendara.

“Beristirahat apabila merasa lelah dan jangan memaksakan diri. Selalu utamakan keselamatan ketika berkendara. Kemudian bagi para penumpang, dihimbau agar tidak segan-segan untuk menegur sopir apabila dalam mengemudikan kendaraan ugal-ugalan, mengantuk, ataupun sambil menggunakan HP,” pungkasnya.

(Eko Mulyanto)

loading...

Tentang Bagelen Channel

bagelenchannel.com | TV Onlinenya Purworejo, Khas, Aktual, dan Inspiratif

Baca juga

Bupati Intruksikan OPD untuk Dukung Program Kesehatan

Purworejo | bagelenchannel.com – Permasalahan kesehatan dominan di wilayah Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, tahun 2017 …