Home / Berita / Politik / Partisipasi Pilgub Naik 5 Persen, Ganjar-Yasin Menang

Partisipasi Pilgub Naik 5 Persen, Ganjar-Yasin Menang

Purworejo | bagelenchannel.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil perolehan suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah, yang telah dilaksanakan pada Rabu (27/06/2018) lalu. Rapat yang digelar di Auditorium hotel Plaza Purworejo, Kamis (05/07/2018) pagi itu, dihadiri oleh pejabat Forum Komukasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Purworejo. Mulai dari perwakilan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo, Polres Purworejo, Kodim 0708 Purworejo, Kejaksaan, dan Pengadilan, serta PPK, Panwaskab dan Panwascam, serta sejumlah saksi dari masing-masing calon, yang diusung.

Rapat pleno yang digelar dan dibuka sejak pagi pukul 09.00 WIB, berjalan lancar hingga selesai pada sekitar pukul 13.30 WIB. Dalam rapat pleno terbuka itu didapatkan hasil rekapitulasi suara yang dimenangkan oleh Pasangan Calon Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo-Taj Yasin, dengan perolehan suara sebanyak 208.411 suara. Adapun pasangan kedua yaitu Sudirman Said-Ida Fauziyah mendapat perolehan suara sebanyak 185.881 suara. Adapun dari total surat suara yang terpakai yaitu dengan jumlah 409.958 surat suara, didapati surat suara sah berjumlah 394.292 dan surat suara tidak sah berjumlah 15.666.

Anggota KPUD Purworejo Suwardiyo, saat ditemui usai rapat pleno mengatakan, bahwa tahapan rapat pleno rekapitulasi hasil perolehan suara di tingkat Kabupaten Purworejo, dijadwalkan pada tanggal 4, 5, dan 6 Juli 2018. “Untuk KPUD Purworejo sengaja mengambil tahapan rapat pleno ini pada tanggal 5 Juli 2018,” katanya.

Disampaikan pula, meski sempat didapati kesalahan atau kekeliruan dalam penulisan jumlah DPT di beberapa PPK, namun rapat berjalan lancar dan DPT dapat diperbaiki.

“Alhamdulillah semua tahapan berjalan lancar, hasil perolehan suara tidak ada perbaikan sama sekali, artinya mulai dari tingkat PPK hingga KPU Kabupaten sama, tidak ada perubahan,” jelasnya.

Masih menurutnya, partisipasi pemilih dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2018, ada peningkatan di wilayah Purworejo, bila dibandingkan dengan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah tahun 2013, partisipasi pemilih naik 5 persen.

“Partisipasi pemilih mengalami kenaikan, jika pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah tahun 2013 mencapai 62 persen, tahun ini mencapai target yaitu 67 persen, jadi ada kenaikan sekitar 5 persen,” ungkapnya.

Usai dilakukan penandatangan berita acara hasil rapat pleno terbuka rekapitulasi suara oleh para saksi, seluruh berkas akan dibawa ke KPU Propinsi pada Jum’at paginya. “Setelah dilakukan penandatanganan berita acara, besok pagi berkas ini akan dikirim ke tingkat Propinsi. Adapun rapat pleno terbuka rekapitulasi tingkat Propinsi akan dilakukan pada tanggl 7 dan 8 Juli 2018,” pungkasnya.

(Widarto)

Tentang Bagelen Channel

bagelenchannel.com | TV Onlinenya Purworejo, Khas, Aktual, dan Inspiratif

Baca juga

Pemilihan Ketua RW di Dusun Nadri Serasa Pilkada

Bagelen | bagelenchannel.com – Pemilihan langsung kini tak hanya berlaku untuk Pileg, Pilpres maupun Pilkada. Namun …

Tinggalkan Balasan