Home / Berita / Pendidikan / Pendidikan Fisika UMP Gelar Workshop e-Learning Berbasis Mikrokontroler

Pendidikan Fisika UMP Gelar Workshop e-Learning Berbasis Mikrokontroler

Purworejo | bagelenchannel.com – Hubungan antara dunia sains dan tenaga pendidik sangat utama di era modern seperti saat ini, terlebih dengan diterapkannya Kurikulum 2013, yang berbasis saintifik.

Berpijak dari kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, yang dilandasi dengan penerapan iman dan taqwa, maka Program Studi (Progdi) Pendidikan Fisika, Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP) melakukan kegiatan workshop sebagai sarana pengabdian kepada masyarakat. Adapun sasarannya adalah guru-guru SMA se-Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Kegiatan workshop dilaksanakan dalam dua kali, yakni pada Sabtu (21/04/2018) dan Sabtu (05/05/2018), yang dipusatkan di ruang Multimedia SMA Negeri 1 Purworejo.

Acara yang dinilai sangat bermanfaat itu merupakan bentuk kerjasama antara Dosen serta Mahasiswa/Mahasiswi Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Purworejo dengan Tim MGMP Fisika SMA di wilayah Kabupaten Purworejo, yang diketuai oleh Pranata, SPd, MMPd.

Pada pertemuan pertama disampaikan materi terkait Pendidikan Fisika, berupa pengenalan dan penyampaian gambaran umum dunia Pendidikan Fisika. Sedangkan pada pertemuan kedua disampaikan materi tentang inti workshop seputar Pengembangan Bahan Ajar dan e-Learning Pembelajaran Fisika berbasis Arduino.

Arduino itu sendiri merupakan piranti digital yang mudah digunakan dengan bahasa pemrograman yang sederhana, biasa digunakan dalam perangkat mikrokontroler untuk robotika. Melalui workshop tersebut diharapkan Arduino bisa diterapkan sebagai media pembelajaran Fisika di Sekolah Mengengah Atas.

Diungkapkan oleh Ketua Panitia Workshop Umi Pratiwi, SSi, MSc, bahwa dirinya menyambut sangat baik diselenggarakannya workshop tersebut. Dirinya selaku dosen mata kuliah Fisika Komputasi di Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Purworejo, apalagi sebagai imbas dari kegiatan itu adalah adanya penandatanganan nota kesepahaman dan menginginkan keberlanjutan penerapan workshop tersebut di sekolahnya.

“Antusias para Guru Mata Pelajaran Fisika di wilayah Kabupaten Purworejo terhadap adanya acara tersebut sangat tinggi,” katanya.

Ide cemerlang di balik workshop itu adalah dengan memanfaatkan piranti digital untuk diimplementasikan dalam pembelajaran.

“e-Learning gabungan antara hardware dan software, yang menjadi satu dalam bingkai CMS (Content Management System) berbasis Web EXE dan Arduino. e-Learning sendiri di Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Purworejo dimulai setelah mendapat hibah dari Kemenristekdikti bagi 2 mata kuliah daring (dalam jaringan), yakni Fisika Dasar II dan Aplikasi Komputer,” pungkasnya. (Widarto)

loading...

Tentang Bagelen Channel

bagelenchannel.com | TV Onlinenya Purworejo, Khas, Aktual, dan Inspiratif

Baca juga

Meriahnya Reuni Akbar SMP Pembangunan Ngombol

Ngombol | bagelenchannel.com – Ratusan alumni SMP Pembangunan Ngombol angkatan 1973-1983, dari berbagai daerah mengikuti …