Pendampingan Pembelajaran Menggunakan Media Sederhana

Pembelajaran yang dihadiri oleh siswa Sekolah Dasar yang bertujuan selain untuk memenuhi tugas kuliah juga untuk mendalami materi pada siswa. Pembelajaran yang dihadiri oleh berbagai macam tingkat kelas, dari kelas satu hingga ada juga yang kelas lima. Materi yang diberikan berupa materi dasar seperti mengenal perkembangbiakkan hewan, metamorfosis, penggolongan hewan berdasarkan makanannya, serta rantai makanan hewan. Siswa terlihat sangat senang dengan adanya pembelajaran yang dibawakan dengan suasana yang diselingi dengan adanya permainan. Media atau alat bantu yang digunakan berbahan dasar berupa sterofom dan cuplikan gambar-gambar hewan. Pelaksanaan pembelajaran ini tepatnya di desa Kaliwatukranggan, Kecamatan Butuh, Kabupaten Purworejo.

Tujuan pembelajaran dengan adanya media atau alat bantu ini yaitu untuk memudahkan siswa dalam pemahaman, dan sebagai tolak ukur pada siswa tentang pemahaman materi yang telah didapatkan. Dengan diadakannya pembelajaran ini bertujuan agar siswa berani dalam menyapaikan materi yang dia dapatkan di sekolahannya, serta agar berlatih dalam meberikan pengetahuan terhadap adik kelasnya. Pada kesempatan kali ini kita terfokuskan untuk belajar pada mata pelajaran IPA atau Ilmu Pengetahuan Alam yang sangat mengasyikan, apalagi jika kita membawakannya dengan hati yang senang. Telah diketahui dimana pembelajaran IPA merupakan ilmu alam, yang dimana sudah pasti akan mempelajari benda-benda alam. IPA tidak hanya menjelaskan tentang pengetahuan makhluk hidup saja, dimana IPA juga akan menjelaskan sebuah penemuan dengan hukum dan pasti.

Kemampuan siswa tentu berbeda-beda, maka dengan adanya pendampingan pembelajaran ini sangat dinilai sangat baik bahkan orang tua dari siswa tersebut sangat menyetujui dengan adanya kegiatan ini sehingga mendapatkan nilai positif pada masyarakat luar. Harapan dari masyarakat luar semoga pembelajaran ini terus berlangsung dan berkembang, sehingga dapat membantu para peserta didik tentang pembelajaran yang ada disekolah. Tentu saja bahwa siswa terlihat menyenangkan, karena siswa dalam proses pembelajaran akan diselingi sebuah permainan atau Edu-Game. Kejenuhan siswa dalam proses pembelajaran sangat berpengaruh penting dalam pemahaman, maka dengan ini para calon pengajar harus pintar dalam mengolala situasi dalam ruangan pembelajaran tersebut. Masa depan sangat berpengaruh terhadap masa depan anak yang akan dihadapinya. Maka dari itu siswa sangat membutuhkan dorongan dan semangat dari orang di sekelilingnya, serta harus adanya bantuan media dalam proses pembelajaran agar bisa berjalan dengan lancar. Kesimpulan dari adanya pembelajaran menggunakan media ini yaitu dapat membantu siswa dalam proses pemahaman, dan dengan adanya media siswa jadi tidak mudah bosan dalam belajar.

Nama : Retno Meilasyari
Nim : 192180024
Universitas Muhammadiyah Purworejo