Pendampingan Pemanfaatan Media Pembelajaran IPA Sekolah Dasar

Pendampingan belajar dengan menggunakan media pembelajaran bisa dikatakan sangat membantu untuk tercapainya tujuan pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran juga dapat membangkitkan semangat belajar siswa, memotivasi, dan memberikan lingkungan belajar baru bagi siswa.

Penggunaan media pembelajaran dapat sangat membantu kefektifan belajar mengajar karena secara tidak langsung melatih siswa untuk memanfaatkan sumber belajar yang berada di sekeliling siswa. Dengan media pembelajaran, siswa dan guru juga dapat berinteraksi secara khusus serta mendorong siswa dan guru untuk lebih aktif dan creative.

Media pembelajaran dapat berupa gambar atau lainnya yang dilengkapi dengan permainan atau sebagainya. media yang digunakan atau dibuat tidak harus rumit. Sesederhana mungkin, namun bisa “sampai” ke siswa. Sederhana saja kita bisa menggunakan gulungan kertas undian untuk mengasah kemampuan dan pengetahuan siswa tentang tumbuhan dan hewan. Siswa yang mendapatkan undian, misal mendapat undian kupu-kupu, maka siswa tersebut akan menyebutkan ciri-ciri dari kupu-kupu dan memperagakan gerak dari kupu-kupu. Begitupun pada tumbuhan, siswa dapat mengelompokkan sayuran dan buah-buahan.

Sangat sederhana memang, tetapi media ini cukup membantu mengasah kemampuan siswa untuk cepat tanggap. Selain meningkatkan minat belajar siswa dan memotivasi, media pembelajaran juga mempermudah guru dalam menyampaikan materi pada siswa. Seringnya menggunakan media pembelajaran, akan meningkatkan kreativitas, keaktifan, komunikasi dengan guru dan sesama, dan meningkatkan motovasi belajar siswa.

Nama : Hindri Larasati
NIK : 192180027
Kelas : 3A
Instansi : Universitas Muhammadiyah Purworejo

Tinggalkan Balasan