Edukasi Pembelajaran Tematik Pada Siswa SD di Masa Pandemi Covid-19

Pandemi covid-19 yang terjadi telah membawa banyak perubahan pada kehidupan sehari-hari. pandemi covid-19 menjadi kehidupan baru bagi masyarakat diseluruh dunia. Mereka seperti dipaksa untuk beradaptasi dengan kebiasaan baru yang tidak biasa dilakukan oleh masyarakat.  Keadaan seperti ini membuat kita tidak nyaman karena perubahannya begitu cepat.  Seperti halnya dalam dunia pendidikan yang mengalami goncangan dan perubahan pada proses belajar mengajar. Belajar dilakukan dirumah sehingga interaksi dilakukan secara online melalui zoom,grup wa,google classroom dan lainnyakarena dunia pendidikan terdampak imbas sangat besar di masa pendemi ini, sekolah tatap muka langsung belum dibolehkan .

Pembelajaran yang dilakukan secara online menjadikan proses belajar mengajar menjadi tidak efektiv, apalagi di daerah yang sulit terjangkau oleh signal.  Pembelajaran yang dilakukan secara daring saat ini yaitu pembelajaran tematik yang menggunakan kurikulum 2013.  Kurikulum 2013 merupakan pengembangan dari kurikulum sebelumnya, kurikulum 2013 sangat menekankan pada pendidikan karakter yang bertujuan untuk meningkatkan mutu proses dan hasil pendidikan yang mengarah pada pembentukan budi pekerti dan akhlak mulia peserta didik secara utuh , terpadu dan seimbang

Pembelajaran tematik merupakan sebuah pembelajaran yang dikemas kedalam bentuk tema  yang melibatkan beberapa mata pelajaran yang disajikan dalam satu wadah terpadu. Pembelajaran tematik merupakan suatu sistem pembelajaran yang menekankan siswa, baik secara individual maupun kelompok. sehingga perlu adanya edukasi dari seorang guru untuk berinovasi dan berkreatif dalam melakukan kegiatan belajar mengajar.

Edukasi merupakan segala keadaan, hal, peristiwa, kejadian, atau tentang suatu proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan.  edukasi pembelajaran tematik bisa dilakukan menggunakan game edukasi, Maka dari itu ada baiknya jika ada permainan yang juga sekaligus membantu dalam kegiatan belajar mengajar. para siswa akan menjadi lebih tertarik untuk belajar sambil bermain. Permainan yang akan dibuat ini merupakan permainan edukasi atau edugame yang dibuat melalui media interaktif mengenai pengenalan pola matematika,dan dilengkapi  dengan latihan-latihan soal yang dikemas secara menarik, supaya siswa dapat memahami konsep yang mereka pelajari saat pembelajaran daring melalui pengalaman langsung , pembelajaran menjadi lebih efektiv dan tidak merasa jenuh dan dapat meningkatkan keterampilan siswa melalui proses edukasi bermain dalam pembelajaran tematik tersebut. Dalam pendidikan dimasa pandemi ini guru dituntut untuk berfikir kreatif dan inovatif dalam memberikan pembelajaran secara daring, bagaimana tingkat pemahaman anak atas materi materi yang telah diberikan secara daring, melalui dialog interaktif antara guru dan anak, menimbulkan tingkat pemahanan anak atas materi yang baik. Namun  semua harus menjadi guru, semua unsur masyarakat juga tetap bertanggung jawab, terutama orang tua yang bisa menjadi guru untuk anak-anak supaya dalam proses pembelajaran tidak terjadi suatu kendala. kesuksesan pembelajaran daring selama masa Covid-19 ini tergantung pada kedisiplinan semua pihak.

Penulis : Murni Oktasari

Prodi : Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Instansi : Universitas Muhammadiyah Purworejo