Pembelajaran Tematik Pada Kurikulum 2013

Adanya penerapan tentang pembelajaran tematik di kurikulum 2013 menurut saya merupakan langkah bagus dari pemerintah karena pembelajaran tematik terpadu merupakan suatu pendekatan dalam pembelajaran yang secara sengaja mengaitkan beberapa aspek baik dalam intra mata pelajaran maupun antar mata pelajaran. Dengan adanya pemaduan itu peserta didik akan memperoleh pengetahuan dan ketrampilan secara utuh sehingga pembelajaran menjdai bermakna bagi peserta didik. Makna pembelajaran tematik terpadu adalah pendekatan pembelajaran yang melibatkan beberapa mata pelajaran untuk memberikan pengalaman yang bermakna kepada peserta didik. Dikatakan bermakna pada mata pelajaran tematik terpadu artinya peserta didik akan memahami konsep- konsep yang mereka pelajari melalui pengalaman langsung dan menghubungkan dengan konsep- konsep mereka pelajari melalui pengalaman langsung dan menghubungkan dengan konsep lain yang sudah mereka pahami.

Pembelajaran tematik terpadu yaitu tentang perkembangan siswa. Anak pada tahap usia sekolah dasar masih berfikir dalam tahap operasional konkret, yang membuat anak sulit menerima hal-hal yang abstrak sehingga kesulitan dalam menerima suatu pembelajaran . sehingga dalam pembelajaran tematik terpadu ini siswa diperkenalkan dengan berbagai macam tema, dan isi dari tema tersebut mencakup beberapa tema yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari para siswa. Dalam menentukan judul buku pelajaran pun dikaitkan juga dengan kehidupan sehari-hari para siswa, dan didalam buku tersebut juga berisi gambar sehingga dapat menarik minat siswa untuk belajar.

Pada dasarnya model pembelajaran terpadu merupakan system pembelajaran yang memungkinkan siswa baik individual maupun kelompok aktif mencari, menggali dan menemukan konsep serta prinsip keilmuan secara holistic, bermakna dan otentik. Pembelajaran terpadu akan terjadi apabila peristiwa-peristiwa otentik atau eksplorasi tema menjadi pengendali di dalam kegiatan belajar mengajar. Dengan berpartisipasi di dalam eksplorasi tema tersebut, para siswa belajar sekaligus melakukan proses dan siswa belajar berbagai mata pelajaran secara serempak
Untuk mendukung penerapan kurikulum 2013 tematik hal yang harus mendapat perhatian pemerintah adalah adanya pelatihan guru yang dilakukan dengan berbagai tahapan, yaitu narasumber nasional ke instruktur nasional selanjutnya ke guru inti, berikutnya dari guru inti ke guru sasaran. Pelatihan guru sejatinya bukan atas sekadar pelengkap proses adminitrasi saja, melainkan bagaimana pelatihan tersebut dapat memberikan guru sebuah kemampuan tentang kurikulum 2013. Kemampuan tersebut tidak hanya secara teoritis saja, tetapi juga mampu membawa ruh kurikulum 2013 ini ke dalam mindset siswa di kelas, guru juga diharapkan mamp menghadirkan inovasi pemeblajaran yang diimbangi dengan penanaman karakter dan budaya dalam proses pembelajaran di kelas. Pelatihan yang akan diberikan oleh pemerintah nantinya seharusnya tidak hanya sekedar pelatihan lewat seminar saja, tetapi harus ada proses pelatihan untuk memberi contoh di dalam kelas. Selain itu, pelatihan harus dilaksanakan seimbang dengan kemampuan masing-masing guru. Oleh karena itu, semua pihak harus saling mendukung dan memberi perbaikan jika terdapat kekurangan. Penerapan kurikulum tidak hanya dilakukan demi mencapai ambisi politis semata, apalagi sampai mengorbankan jati diri dan nasib putra-putri penerus bangsa.

Penulis : Surya Dandi Pratama
Prodi : Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Instansi Universitas Muhammadiyah Purworejo