Pembelajaran Tematik Secara Daring di Masa Pandemi

Pada masa pandemi yang sudah berlangsung sejak setahun yang lalu mengakibatkan banyaknya permasalahan. Dimulai dari perubahan aktivitas dalam kehidupan sehari hari hingga merambah ke dunia pendidikan. Dampak nyata yang terjadi di dunia pendidikan yaitu perubahan dalam proses belajar mengajar. Proses belajar mengajar di semua jenjang pendidikan harus dilakukan dengan pembelajaran jarak jauh atau biasa disebut pembelajaran daring.

Adanya perubahan proses pembelajaran ini membuat guru harus berinovasi mengembangkan pembelajaran yang baik dan sesuai. Terutama guru di sekolah dasar yang dalam hakikatnya mengajarkan hal dasar terkait pengetahuan awal yang harus dimiliki oleh siswa. Pembelajaran tematik pada saat ini yang dilakukan secara daring dan tetap menerapkan kurikulum 2013 guru mendapatkan tantangan supaya dapat mengajar dengan baik. Dari proses belajar mengajar yang baik itulah sehingga siswa akan lebih mudah menangkap materi yang mereka pelajari.

Kurikulum 2013 merupakan kurikulum pengganti dari kurikulum sebelumnya yaitu kurikulum 2006. Pada kurikulum 2013 ini lebih menekankan pada pendidikan yang dapat membentuk karakter siswa. Di setiap pembelajarannya guru tidak hanya menilai atas dasar pengetahuan siswa namun juga terkait sikap dan perilaku yang siswa lakukan ketika pembelajaran. Dalam pembelajaran di kurikulum 2013 guru menanamkan karakter baik yang dapat ditiru oleh siswa sehingga diamalkan dan menjadi kebiasaan yang akan tertanam hingga mereka menjadi dewasa.

Pembelajaran tematik, pembelajaran yang menggabungkan beberapa mata pelajaran yang materinya saling berkaitan dan terbentuk dari tema tema yang telah ditentukan. Pembelajaran tematik ini sebenarnya bagus untuk diterapkan dalam pembelajaran di sekolah dasar. Namun kesulitannya berada pada guru, guru setidaknya mengetahui bagaimana cara menyesuaikan mata pelajaran satu dengan mata pelajaran lain yang masuk dalam tema yang sama. Tantangan yang terjadi saat ini ketika pembelajaran dilakukan ketika daring. Dimana guru   harus memiliki inovasi dalam melakukan proses belajar mengajar dengan bantuan teknologi yang telah ada pada saat ini. Hal itu memang tidak mudah dan tidak semua guru dapat berinovasi dengan perkembangan teknologi yang ada. Jadi pembelajaran tematik secara daring yang dilakukan pada masa pandemi ini cukup membuat guru ataupun siswa merasa kesulitan pada awalnya. Kita hanya perlu beradaptasi walaupun sebenarnya pembelajaran yang baik yaitu dengan pembelajaran yang dilakukan secara langsung atau tatap muka.

Penulis : Tiara Wahyu Nuswantari

Prodi    : Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Instansi: Universitas Muhammadiyah Purworejo