Problematika Dalam Pembelajaran Tematik Jarak Jauh Selama Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar

Coronavirus disease (COVID-19) merupakan wabah virus menular di luar prediksi yang memiliki dampak sangat besar dalam berbagai bidang kehidupan. Perkembangan virus ini menyebar sangat cepat sampai ke seluruh dunia. Setiap harinya, dunia diberitakan dengan peningkatan angka orang yang terinfeksi oleh COVID-19. Hal tersebut mempengaruhi kebijakan baru yang perlu diterapkan dalam menangani penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) yang kian meluas, salah satunya kebijakan dalam penanganan pendidikan.

Akibatnya pemerintah memutuskan kebijakan untuk mewajibkan semua kegiatan pembelajaran dilakukan dari rumah melalui pembelajara jarak jauh atau daring. Keputusan ini diambil karena mempertimbangkan kondisi  kesehatan peserta  didik,  pendidik,  kepala sekolah dan seluruh warga sekolah adalah hal yang paling diutamakan. Pembelajaran jarak jauh bukan hal baru lagi bagi Indonesia, sejak Pemerintah menetapkan teknologi dalam pembelajaran. Hal ini dilakukan supaya tercapainya tujuan Negara Indonesia yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa.

Pembelajaran jarak jauh sebagai Salah satu upaya interaksi pembelajaran dengan memanfaatkan fasilitas belajar berupa internet dan komputer. Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh di SD termasuk didalamnya pembelajaran tematik dilaksanakan setelah dikeluarkannya Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 tahun 2020, tepatnya pada tanggal 16 Maret 2020. Pembelajaran tematik merupakan pembelajaran yang menngunakan tema tertentu dengan mengaitkan beberapa mata pelajaran dengan kehidupan sehari-hari.

Proses pembelajaran tematik pada siswa sekolah dasar selama masa pandemi covid-19 berlangsung dengan pembelajaran jarak jauh atau online. Guru melakukan tahapan prose pembelajaran jarak jauh yaitu tahap perencanaan, guru menyiampakn RPP, smartphone, buku dan media lainnya, tahap pelaksanaan guru menyampaikan materi, tanya jawab dan pemberian tugas melalui alat komunikasi (seperti whatsapp, google classroom dan sebagainya), dan pada tahap evaluasi guru memeriksa tugas yang dkirimkan siswa dengan cara difoto kemudian dikirim melalui whatsapp atau google classroom dan menuliskannya di laporan.

Adapun problematika yang dialami guru dalam pelaksanaan pembelajaran tematik jarak jauh (daring/online) selama masa pandemi covid-19 pada pembelajaran tematik siswa Sekolah Dasar adalah keterbatasan fasilitas dan pengetahuan mengenai teknologi, membuat pembelajaran jarak jauh (daring/online) hanya dapat dilakukan melalui aplikasi whatsapp atau aplikasi lainnya, tidak semua siswa mempunyai smartphone, mahalnya kuota internet selama masa pandemi, koneksi internet yang tidak stabil, kurangnya dampingan orang tua pada saat pembelajaran menyebabkan siswa kurang disiplin, keluhan siswa mengenai tugas yang sangat menumpuk.

Guru hendaknya menjalin komunikasi yang baik dengan orang tua siswa agar siswa konsentrasi selama pembelajaran jarak jauh yang dilakukan secara daring (online) berlangsung. Siswa sebaiknya terus mengulang materi pembelajaran yang belum paham dan mencoba mendiskusikannya dengan orang tua agar kesulitan yang dialami selama belajar jarak jauh dapat teratasi.

Nama     : Endah Dwi Rahayu

Prodi      : Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Instansi   : Universitas Muhammadiyah Purworejo