Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar

Ilmu Pengetahuan Sosial atau IPS merupakan mata pelajaran yang diberikan di Sekolah Dasar (SD) yang mempelajari tentang ilmu sosial seperti sejarah, geografi, sosiologi dan ekonomi. Melalui pembelajaran IPS ini sebaiknya dapat memberikan dampak baik kepada siswanya guna membentuk kemampuan untuk menguasai pengetahuan, sikap, dan nilai dasar yang diperlukan bagi kehidupan di masyarakat.

Ketepatan metode pembelajaran yang digunakan guru dalam menyampaikan materi juga sangat diperlukan karena sangat berpengaruh dalam keberhasilan penyampaian materi. Keterampilan dan kemampuan guru dalam memilih maupun menggunakan berbagai strategi, model, ataupun metode yang akan digunakan dalam menyampaikan juga harus terus ditingkatkan sesuai kemampuan dan keterampilan, karena untuk pembekalan mereka kedepannya nanti. Model pembelajaran yang digunakan guru juga harus tepat pemilihannya sehingga pembelajaran yang dilakukan menjadi pembelajaran yang menarik dan fungsional banyak digemari siswa sekolah dasar. Seperti penggunaan media pembelajaran video animasi, media pembelajaran nyata yang melibatkan siswa itu sendiri. Maka rancangan pembelajaran guru hendaknya difokuskan dan diarahkan sesuai dengan kondisi perkembangan siswa agar pembelajaran yang dilakukan bisa berguna dan bermanfaat bagi siswa itu sendiri.

Pembelajaran IPS di sekolah dasar ini umumnya untuk pengembangan pengetahuan seperti nilai dan moral serta keterampilan siswa agar menjadi manusia yang berguna di lingkungan masyarakat atau tempat tinggal mereka maupun negara. Dengan adanya pembelajaran IPS di sekolah dasar ini diharapkan mampu mengembangkan pengetahuan, nilai, dan sikap pada diri sendiri. Pembelajaran ini membutuhkan suatu pola yang membantu tercapainya adanya mata pelajaran IPS di sekolah dasar.

Tujuan dari pembelajaran IPS di sekolah dasar yaitu sebagai salah satu pendidikan yang membina dan menyiapkan siswa untuk menjadi warga negara yang baik serta masyarakat yang mampu mengantisipasi berbagai perubahan yang terjadi di masyarakat. Pembelajaran IPS sekarang sangat dibutuhkan karena bagaimananpun seseorang memerlukan adanya pengetahuan tentang bagaimana cara bersosial yang baik dan benar dalam lingkungan masyarakat. Bagaimana jika pendidikan IPS ini tidak ada dalam mata pelajaran di sekolah dasar, mungkin saja siswa sekarang tidak ada yang tau sejarah bangsa sendiri dan tidak tau bagaimana cara bermasyarakat yang baik ataupun menjadi warga negara yang baik. Oleh karena itu, pengembangan pembelajaran IPS ini sangat diperlukan pada saat era sekarang ini dan harus terus menerus dikembangkan karena terbukti dapat menumbuhkan semangat dan motivasi belajar.

Oleh:

Nama : Aizah Ayuningwulan
Prodi : PGSD
Instansi : Universitas Muhammadiyah Purworejo