Pendampingan Pembelajaran IPA Sekolah Dasar Menggunakan Media

Pembelajaran menggunakan media itu bertujuan sebagai alat bantu dalam menjelaskan suatu materi, atau bisa juga disebut sebagai jembatan. Karena menggunakan media pembelajaran akan lebih efektif. Guru akan lebih mudah menjelaskan materi jika menggunakan media dan murid juga akan lebih mudah memahami materi yang disampaikan. Media juga dapat membangkitkan keinginan dan minat belajar siswa. Dalam pembuatan media tidak boleh asal membuat, harus sesuai dengan meteri yang akan di ajar dan harus sesuai dengan tingkat usia siswa.

Ketika pembelajaran yang dilaksanakan menggunakan media siswa dapat lebih aktif dalam belajar, dan juga dapat menambah semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran.

Materi dalam pembelajaran yang tadinya siswa merasa sulit untuk memahami, akan menjadi lebih mudah bagi siswa jika menggunakan media. Baik itu media video, gambar ataupun yang lainnya. Bisa juga dengan membuat media sendiri seperti menggunakan kardus bekas, kertas karton, kertas warna ataupun yang lainnya. Agar media itu menjadi lebih asik bisa dijalankan dengan permainan.
Dengan adanya media pembelajaran seperti ini, pembelajaran akan terasa lebih menyenangkan, dan menarik.

Nama : Betti Dwi Wardaningsih
NIM : 192180010
Universitas Muhammadiyah Purworejo