Penggunaan Media dalam Pembelajaran IPA Sekolah Dasar

Media saat ini sangat dibutuhkan oleh pengajar karena media mempunyai manfaat yang dalam pembelajaran. Media pembelajaran merupakan alat bantu yang digunakan oleh pengajar dalam sebuah pembelajaran untuk menyampaikan materi yang di pelajari kepada peserta didik.

Penggunaan media dalam suatu pembelajaran bertujuan agar peserta didik dapat menerima materi pembelajaran dengan mudah. Penggunaan media dalam pembelajaran akan membuat peserta didik menjadi lebih bersemangat dalam melaksanakan pembelajaran.

Dalam penggunaan media dalam pembelajaran peserta didik akan menjadi lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran, seperti bertanya bagaimana cara membuat media yang sedang digunakan, kenapa bisa dibuat seperti ini dan lain sebagainya.

Dalam membuat media kita bisa memanfaatkan bahan seadanya misalnya kertas karton, kertas karton bisa dimanfaatkan menjadi bahan pembuatan media yang menarik.

Hanya dengan menggunakan bahan media seadanya peserta didik akan menjadi lebih tertarik dengan materi pembelajaran yang sedang berlangsung.

Maka dari itu, dalam zaman modern seperti ini kita harus pandai mengajar dengan menggunakan media yang menarik maupun sederhana agar peserta didik menjadi lebih semangat dan giat dalam belajar.

Nama : Eka Rahmawati
Nim : 192180025
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo