Pentingnya Media Pembelajaran untuk Anak SD dimasa pandemi

Pengertian media pembelajaran adalah media yang digunakan untuk membantu merangsang pikiran, perasaan kemampuan adan perhatian siswa dalam proses belajar mengajar di kelas. Media tersebut dapat berupa alat ataupun bahan ajar.
Dalam pengertian lain, media pembelajaran adalah bahan, alat atau segala sumber daya yang digunakan dalam proses penyampaian informasi guru kepada murid. Baik berbentuk fisik maupun piranti lunak.
Apalagi selama pandemi covid-19 ini seperti siswa SD sangat membutuhkan sekali media pembelajaran untuk memahami materi karena mereka melakukan proses belajar mengajar dari rumah. Tentunya kondisi ini sangat sulit bagi mereka anak-anak untuk dapat memahami setiap materi yang disampaikan kepada anak-anak.mengingat siswa SD adalah mereka yang rentan sekali mengalami rasa bosan pada saat belajar. Karena mereka adalah anak-anak dalam masa pertumbuhan yang sejatinya masih suka bermain-main dalam proses belajar mengajar.


Dalam praktek mahasiswa PGSD untuk membantu murid-murid SD sekitar rumah yang mengalami kesulitan dalam belajar, kami melakukan penerapan media pembelajaran untuk membantu murid memahami materi yang disampaikan oleh gurunya. Mengingat fungsi media pembelajaran yaitu untuk menjelaskan atau memvisualisasi suatu materi yang sulit dipahami jika hanya menggunakan ucapan verbal.
Ada banyak cara yang dapat digunakan untuk melakukan media pembelajaran dirumah seperti yang selama ini kami praktekan kepada murid SD disekitar rumah. Media pembelajaran itu berupa bermain tebak-tebakan hewan berserta tempat tinggalnya dan alat pernapasan yang digunakan oleh setiap hewan. Melakukan pengelompoksn hewan dengan cara bermain menggunakan media gelas yang disertai keterangan tempat tinggal hewan tersebut. Beberapa contoh tersebut adalah media pembelajaran yang dapat digunakan untuk murid SD agar mereka dapat memahami setiap materi yang disampaikan dengan mudah dan tidak mengalami kebingungan pada saat proses belajar mengajar yang tentunya dapat meningkatkan prestasi belajar anak dan membuka wawasan anak.

Masa pandemi yang terjadi saat ini bukan halangan untuk setiap guru melakukan pembelajaran yang terbaik untuk muridnya. Ada banyak cara yang dapat kita lakukan agar proses belajar dapat berjalan dengan lancar. Kita hanya dapat berharap masa pandemi ini segera berlalu agar proses belajar mengajar dapat dilakukan secara normal seperti sedia kala.

Nama: Rima Sonia
NIM: 192180060
Universitas Muhammadiyah Purworejo