Belajar dan Bermain Tebak Kata IPA

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin maju, serta kondisi bumi yang sedang di terpa berbagai masalah seperti penyakit Covid-19, di sertai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan perkembangan teknologi yang penggunaannya  semakin meningkat. Tidak hanya teknologi yang penggunaannya meningkat, tetapi semangat  yang Anak –anak dan  para pemuda zaman sekarang pun meningkat. Karena itu anak generasi sekarang  adalah generasi yang salah satunya tidak patah semangat untuk mencapai cita-cita  mereka.  Dengan demikian negara kita memiliki generasi yang cerdas dan modern.

Program pendidikan kali ini tidak berjalan seperti biasa yaitu hadir di sekolah . karena masalah saat ini adalah menyangkut kesehatan semua orang . Dengan adanya program daring ini yaitu untuk melindungi  kondisi kesehatan semua orang. Maka dari itu anak-anak sekolah menggunakan media seperti handphone .

Anak-anak yang sekolah dengan program saat ini, pasti mengalami berbagai kendala, pada pemahaman materi dan jaringan. Karena media daring menggunakan sinyal. Seperti pada saat guru sedang menjelaskan pelajaran, kemudian anak merasa sulit untuk mendengarkan. Hal ini menjadi salah satu  penyebab konsentrasi anak terganggu. Guru tidak mengetahui apakah siswanya paham atau tidak mata pelajaran tersebut, dan guru tidak mengetahui apakah anak mengerjakannya sendiri atau di bantu oleh orangtua nya. Sehingga potensi atau bakat siswa tidak di ketahui langsung oleh guru.

Oleh karenanya diperlukan bantuan seperti bimbingan belajar dan media pembelajaran dalam menyampaikan materi kepada siswanya. Salah satunya adalah dengan menggunakan media pembelajaran berupa permainan sederhana, seperti bermain tebak kata IPA.

Pembelajaran sederhana melalui tebak kata IPA menarik perhatian pada anak-anak . Semangatnya anak-anak luar biasa karena senang sekali belajar sambil bermain tebak kata IPA, walaupun sederhana. Saat sedang di jelaskan, antusias mendengarkan mereka sangat luar biasa. Kemudian di beri sebuah pertanyaan mereka langsung menunjukan jari, karena ingin segera menjawab. Peserta didik tidak akan cepat bosan dengan pelajaran jika media pembelajaran mereka unik.

Karena pada masa anak-anak memiliki bakat menghafal yang luar biasa cepat. Sehingga dengan media pembelajaran tebak kata ini,  bisa meningkatkan penghafalan peserta didik  di sekolah mereka.  Menghafal adalah salah satu aktivitas menanamkan suatu materi ke dalam ingatan, sehingga nantinya akan dapat diingat kembali secara harfiah sesuai dengan materi yang asli. Menghafal merupakan proses mental untuk menyiapkan kesan-kesan yang suatu waktu dapat diingat kembali ke alam sadar.

Sangat diharapkan setelah mengikuti media pembelajaran seperti tebak kata IPA ini, anak-anak lebih cepat tanggap dan memahami tentang materi pembelajaran yang disampaikan. Sehingga materi akan tertanam dalam memori anak, kemudian akan berguna di masa depan. Jadi tidak sia-sia jika anak mau meluangkan waktu untuk mengikuti media belajar dan bermain tebak kata IPA ini. (*)

Oleh : Syifa Agnessya

Penulis adalah Mahasiswa Jurusan Pendidikan Guru sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Purworejo