Kamis , Oktober 6 2022
Beranda / Opini / Perlunya Perubahan Sistem Pendidikan Guna Menyesuaikan Perkembangan Jaman

Perlunya Perubahan Sistem Pendidikan Guna Menyesuaikan Perkembangan Jaman

Persoalan pendidikan adalah segala sesuatu hal yang merupakan permasalahan kegiatan pendidikan. Pendidikan merupakan segala aspek dasar kehidupan manusia. Sehingga sudah sewajarnya menjadi hak setiap orang untuk mendapatkan ilmu pengetahuan, termasuk di dalamnya pembelajaran terkait akhlak baik dan budi pekerti luhur. Berbekal pendidikan, seseorang akan menjadi orang yang berguna, bermanfaat, berilmu, sehingga mampu meningkatkan taraf hidup atau memperbaiki nasib ke arah yang lebih baik.

Dengan adanya pendidikan maka membuat seseorang dapat memiliki kecerdasan, akhlak, kepribadian, kekuatan spiritual, mampu bertanggungjawab dan keterampilan yang bermanfaat bagi diri sendiri maupun masyarakat sehingga dapat mencapai kebahagiaan yang setinggi-tingginya. Bagi orang berkompeten terhadap bidang pendidikan akan menyadari bahwa dunia pendidikan kita sampai saat ini masih terdapat beberapa kelemahan.

Hal tersebut disinyalir disebabkan oleh beberapa faktor permasalahan pendidikan, antara lain masih rendahnya kualitas pendidikan. Rendahnya kualitas pendidikan diduga karena lemahnya para guru dalam menggali potensi anak didik. Kurangnya profesionalitas guru di Indonesia berdampak langsung pada kualitas siswa dimana akan mengurangi pencapaian prestasi mereka, sehingga menjadi tidak maksimal.

Rendahnya prestasi siswa di Indonesia disebabkan pula oleh rendahnya minat baca dari siswa itu sendiri. Sehingga sebaiknya, sebagai seorang pendidik, guru harus bisa menanamkan budaya membaca kepada para muridnya.

  1. Kemudian sarana dan prasarana pendidikan yang kurang memadai. Fasailitas sekolah berpengaruh penting untuk kegiatan belajar mengajar di sekolah. Kurang memadainya fasilitas pendidikan akan menghambat proses belajar mengajar di sekolah. Dengan demikian, sebaiknya pemerintah memberikan bantuan dana untuk membeli fasilitas sekolah yang baru dan lengkap serta hendaknya pihak sekolah benar-benar ikut menjaga fasilitas tersebut dengan baik.
  2. Kemudian faktor mahalnya biaya pendidikan. Pendidikan tinggi merupakan sarana untuk mengembangkan kemampuan anak sekaligus kualitas pemikirannya. Tidak hanya itu, pendidikan juga menjadi salah faktor pendukung untuk dapat bersaing di era industri. Namun sayangnya, mahalnya pendidikan tinggi di Indonesia masih menjadi isu besar. Sehingga tak banyak kesempatan bagi anak-anak kurang mampu untuk bisa melanjutkan kuliah. Untuk mengatasinya, masyarakat sekarang harus mulai menempatkan pendidikan pada nomor satu, sehingga mahalnya pendidikan tinggi bisa terselesaikan dengan menabungan untuk pendidikan sejak dini, mengubah gaya hidup serta melakukan persiapan lewat investasi.
  3. Menurut penulis, sebenarnya yang menjadi masalah mendasar dari pendidikan di Indonesia adalah sistem pendidikan di Indonesia itu sendiri, yang menjadikan siswa sebagai objek, sehingga manusia yang dihasilkan dari sistem ini adalah manusia yang hanya siap memenuhi kebutuhan zaman dan bukannya bersikap kritis terhadap zamannya. Maka di sini dibutuhkan kerjasama antara pemerintah dan masyarakat untuk mengatasi segala permasalahan pendidikan di indonsia. (*)

Oleh : Risma Fardlila

Penulis Adalah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Tentang Risma Fardlila

Periksa Juga

Kekurangan dan Kelebihan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di SD

Oleh : Ryana Ayu Agus Tiara, Syabrina Nuraini Hidayat, Katya Osylany Pamungkas Pembelajaran   Tatap   Muka   …