Kamis , Oktober 6 2022
Beranda / Artikel / Mahasiswa KKNT Universitas Muhammadiyah Purworejo Gelar Pelatihan dan Sosialiasi Marketplace di Desa Banyuasin Separe

Mahasiswa KKNT Universitas Muhammadiyah Purworejo Gelar Pelatihan dan Sosialiasi Marketplace di Desa Banyuasin Separe

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Kelompok 99 Universitas Muhammadiyah Purworejo, menggelar kegiatan Pengenalan dan Pembelajaran Marketplace Untuk Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), di Desa Banyuasin Separe, Kecamatan Loano, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, baru-baru ini. Kegiatan di bawah pantauan Dosen Pembimbing Lapangan Titi Anjarini, M.Pd. ini, diharapkan mahasiswa dapat mengajak dan mensosialisasikan marketplace kepada warga masyarakat Desa Banyuasin Separe, Kecamatan Loano.

Diharapkan juga bahwa dari marketplace akan mampu menggali potensi sumber daya alam khas yang ada di daerah tersebut, guna meningkatkan penjualan melalui marketplace. Dilihat dari beberapa sisi, Desa Banyuasin Separe merupakan salah satu desa yang sebagian besar masyarakatnya memiliki mata pencaharian sebagai pedagang di Pasar Banyuasin Separe.

Disampaikan oleh Ketua Kelompok 99 Mahasiswa KKNT Universitas Muhammadiyah Purworejo di Desa Banyuasin Separe, Adiansyah, bahwa di masa Pandemi Covid-19 aktifitas jual beli barang dan jasa di Desa Banyuasian Separe, berjalan kurang baik, karena adanya pembatasan oleh pemerintah yang melarang orang berkerumun. Sehingga perlu adanya terobosan baru dengan berdagang melalui marketplace.

Adiansyah berharap melalui pelatihan tersebut dapat bermanfaat bagi warga masyarakat Desa Banyuasin Separe. Selain berdagang secara konvensional, mereka juga dapat berdagang melalui marketplace. Meski berada di daerah pedesaan, namun mereka tetap bisa meningkatkan kualitas maupun kuantitas perdagangan dengan mengikuti perkembangan teknologi yang ada saat ini.

Dalam kegiatan Pengenalan dan Pembelajaran Marketplace Untuk Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), di Desa Banyuasin Separe itu, menghadirkan narasumber Dosen Managemen Universitas Muhammadiyah Purworejo Mahendra Galih Prasaja, S.E, M.M., Sekretaris Desa Banyuasin Separe Fendra Ari Wibowo, S.Kom., dan Para Mahasiswa KKNT Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Sambutan hangat datang dari Sekretaris Desa Banyuasin Separe Fendra Ari Wibowo, S.Kom. Ia memberikan apresiasi serta menilai bahwa kegiatan Pengenalan dan Pembelajaran Marketplace Untuk Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), di Desa Banyuasin Separe itu, sangat baik dan tepat dalam membantu proses pemasaran hasil dari potensi yang ada di dusun mereka masing-masing.

Lebih jauh dikatakan oleh Fendra Ari Wibowo, S.Kom., bahwa dampak Pandemi Covid-19 sangat berpengaruh pada ekonomi masyarakat di Desa Banyuasin Separe, akibatnya tingkat perekonomian warga menurun. Dengan adanya pelatihan dan sosialisasi ini diharapkan warga dapat mengaplikasikan marketplace secara online dengan menggunakan handphone android maupun paket kuota data/wifi yang ada.

Sementara itu Dosen Managemen Universitas Muhammadiyah Purworejo Mahendra Galih Prasaja, S.E, M.M., berpendapat bahwa ada banyak aplikasi yang dapat mendukung marketplace, salah satunya adalah whatsapp, facebook, instagram, shopee, tokopedia dan masih banyak lagi media jual beli online yang saat ini dapat di akses dengan mudah.

Namun pada pelatihan ini lebih menitikberatkan pada pemahaman tentang cara berkiklan barang dagangan, cara membuat toko di online shop, cara menerima pertanyaan dari pembeli dan masih banyak lagi lainnya. Hal itu bertujuan untuk memasarkan barang yang dijual semakin lebih mudah dikenal oleh banyak orang. Setidaknya dengan adanya pelatihan dan sosialisai marketplace ini, warga Desa Banyuasin Separe diharapkan mampu memanfaatkan handphone untuk berjualan.

Di sisi lain, ternyata Warga Desa Banyuasin Separe sangat antusias dalam mengikuti kegiatan Pengenalan dan Pembelajaran Marketplace Untuk Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Sehingga kegiatan dari KKNT Kelompok 99 Universitas Muhammadiyah Purworejo, dapat berjalan dengan lancar.  Diharapkan warga masyarakat Desa Banyuasin Separe meningkat taraf ekonominya setelah mengikuti dan menerapkan materi yang sudah diberikan. (*)


Kelompok 99 KKNT Universitas Muhammadiyah Purworejo Tahun 2021/2022 :

1. Alvin Indra Gunawan (182170047/PVTO)

2. Cindy Aprilia Anggriani (182210050/Manajemen)

3. Eka Dwiyanti (182120064/PBI)

4. Hernawan Bayu Herlambang (182510035/T. Sipil)

5. Moh. Adiansyah Rizky Auliya (182170039/PVTO)

Dosen Pembimbing : Titi Anjarini, M.Pd.

Tentang Bagelen Channel

bagelenchannel.com | Berita Onlinenya Purworejo, Khas, Aktual, dan Inspiratif

Periksa Juga

Desa Tangkisan Kini Dinilai Sangat Dinamis

Oleh : Jamil Siregar Sekilas saat nama Tangkisan disebut, seolah-olah nama itu terkesan sangar, sebab …