Kamis , Oktober 6 2022
Beranda / Artikel / Pentingnya Optimalisasi Bimbingan Belajar Bagi Siswa SD di Desa Sangubanyu di Masa Pandemi Covid-19

Pentingnya Optimalisasi Bimbingan Belajar Bagi Siswa SD di Desa Sangubanyu di Masa Pandemi Covid-19

Masa Pandemi Covid-19 sangat berpengaruh pada sektor pendidikan, perubahan system pembelajaran yang terjadi secara frontal dari system tatap muka ke system dalam jaringan atau daring secara online menggunakan jaringan internet cukup menohok dalam kegiatan belajar dan mengajar di semua tingkatan pendidikan. Baik dari tingkat TK/PAUD, SD, SMP, SLTA hingga Perguruan Tinggi.

Tingkatan pendidikan yang paling parah terkena dampak adalah tingkatan pendidikan TK/PAUD dan SD. Mengingat di TK/PAUD maupun SD para siswanya belum mampu mandiri sehingga masih sangat membutuhkan bimbingan langsung dari guru-guru mereka. Belum lagi rata-rata anak-anak TK/PAUD dan SD belum familier dengan system pembelajaran daring yang harus menggunakan peralatan pendukung seperti gadget, tablet, laptop maupun computer PC serta program atau aplikasi untuk menjalankannya.

Selain itu keterbatasan ekonomi sebagai akibat dampak Pandemi Covid-19, karena kehilangan mata pencaharian juga menjadi penghalang serius, mengingat untuk membeli gadget, tablet, maupun laptop bagi siswa yang belum punya, harganya cukup mahal. Sedangkan untuk menutup biaya guna memenuhi kebutuhan sehari-hari juga cukup menjadi beban di masa-masa sulit seperti pada Masa Pandemi Covid-19 yang hingga saat ini dampaknya masih sangat terasa.

Atas dasar beberapa fakta tadi, Mahasiswa Kelompok 81 Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Universitas Muhammadiyah Purworejo Tahun 2021/2022, salah satu kegiatannya adalah memunculkan gagasan untuk menyelenggarakan Bimbingan Belajar (Bimbel) bagi anak-anak siswa SD di desa dimana mereka sedang melaksanakan KKN-T.

Bimbingan belajar pada masa ini sangat diperlukan, sebab pada proses pembelajaran dari rumah siswa membutuhkan bimbingan dari orang tua maupun walinya guna mendampingi siswa dalam belajar. Bimbingan belajar yang dilakukan oleh para Mahasiswa Kelompok 81 Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Universitas Muhammadiyah Purworejo Tahun 2021/2022 ini adalah bentuk pengabdian masyarakat dalam membantu siswa yang kesulitan dan memiliki kendala dalam proses belajar dari rumah pada masa Pandemi Covid-19.

Metode yang digunakan dalam pelaksanaan Bimbingan Belajar yakni dengan metode ceramah dan diskusi secara face to face dengan menggunakan pendekatan pendampingan dan pendidikan berkelanjutan. Program Bimbingan Belajar yang dilaksanakan diharapkan akan mampu memberikan peningkatan pengetahuan bagi peserta didik yang mengalami kesulitan dalam proses belajar secara daring.

Adapun lokasi yang dipilih oleh para Mahasiswa Kelompok 81 Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Universitas Muhammadiyah Purworejo Tahun 2021/2022 tersebut berada di wilayah Desa Sangubanyu, Kecamatan Grabag, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, pada bulan Januari 2022 lalu.

Bimbingan Belajar diikuti oleh 12 siswa-siswi Kelas V SD Negeri Sangubanyu. Bimbingan ini merupakan proses pemberian bantuan yang diberikan kepada individu atau peserta didik dengan memahami kekurangan dari pembelajaran yang diajarkan khususnya pada Mata Pelajaran Matematika.

Tujuan dari Bimbingan Belajar itu adalah untuk membantu siswa agar mendapat penyesuaian dan kemudahan dalam memahami Mata Pelajaran Matematika. Bimbingan Belajar juga dilakukan dengan metode asik dan menarik sehingga tidak membuat jenuh para siswa. Kegiatan bimbingan belajar dilaksanakan setiap hari Kamis pada pukul 13.00 WIB – 15.00 WIB.

Penyelenggaraan Bimbingan Belajar tersebut ternyata mendapat respon positif dari pihak Pemerintah Desa Sangubanyu, para Guru SD Negeri Sangubanyu maupun warga masyarakat utamanya para orangtua wali siswa. Melalui kegiatan Bimbingan Belajar itu diharapkan para siswa dapat terbantu belajarnya dalam memahami materi pembelajaran serta memecahkan beberapa kesulitan dalam belajar Mata Pelajaran Matematika. (*)


Kelompok 81 KKN-T Universitas Muhammadiyah Purworejo Tahun 2021/2022 :

  1. Nanda Kurniyawan Syamudra (182170059/ PVTO)
  2. Muhamad Rizki Mardiansyah (182210177/ Manajemen)
  3. Ekanitami Febriyanti (182210023/ Manajemen)
  4. Dian Mustika Adni ( 182210019/ Manajemen)
  5. Dian Latifah (182140023/ Pendidikan Matematika)

Dosen Pembimbing : Ike Yunia Pasa, S.T., M.kom.

Tentang Bagelen Channel

bagelenchannel.com | Berita Onlinenya Purworejo, Khas, Aktual, dan Inspiratif

Periksa Juga

Desa Tangkisan Kini Dinilai Sangat Dinamis

Oleh : Jamil Siregar Sekilas saat nama Tangkisan disebut, seolah-olah nama itu terkesan sangar, sebab …