Selasa , November 29 2022
Beranda / Opini / Kekurangan dan Kelebihan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di SD

Kekurangan dan Kelebihan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di SD

Oleh : Ryana Ayu Agus Tiara, Syabrina Nuraini Hidayat, Katya Osylany Pamungkas

Pembelajaran   Tatap   Muka   (PTM) terbatas   merupakan   bentuk respon   pemerintah terhadap  dampak  pembelajaran  dalam  jaringan  (daring)  yang  dilaksanakan hampir  dua  tahun akibat penyebaran virus Corona Disease19 (COVID-19). PTM  terbatas  merupakan  bentuk penyelenggaraan kegiatan pembelajaran tatap muka dengan membatasi jumlah peserta didik di dalam kelas, durasi waktu pembelajaran, materi pelajaran, dan aktivitas lainya di sekolah.SKB 4 Menteri  pada  bulan  Maret  2021  telah  mengatur  akselerasi  PTM  terbatas  tetap  menjalankan protokol kesehatan,  yaitu  (1)  setelah pendidik  dan  tenaga  kependidikan  di  satuan  pendidikan divaksinasi COVID-19 secara  lengkap,  pemerintah  pusat,  pemerintah  daerah,  kanwil  Kemenag, atau kantor Kemenag mewajibkan satuan pendidikan untuk menyediakan layanan: PTM terbatas dengan tetap menerapkan protokol kesehatandan dan PJJ; dan (2) orang tua/wali dapat memilih bagi  anaknya  untuk  melakukan PTM  terbatas atau  tetap  melaksanakan PJJ (Kemdikbudristek, 2021).

Adanya  peralihan  bentuk  kegiatan  pembelajaran  dari  daring menjadi  PTM  terbatas menuntut  guru  untuk  selalu  siap  disegala  kondisi  dalam  mendesain  kegiatan meaningful learning. Guru perlu merancang kegiatan pembelajaran yang dapat digunakan dalam kondisi tatap muka maupun belajar mandiri di rumah. Perancangan yang matang dan baik mampu mendorong  kegiatan  pembelajaran  berlangsung  lancar,  terstruktur  dan  terarah  karena  seluruh elemen  pembelajaran  dirumuskan  dan  digambarkan dengan baik (Evitasari  &  Utaminingtyas, 2021). Pentingnya  guru  mendesain  kegiatan  pembelajaran  dalam  PTM  terbatas  adalah  guna mengurangi tingkat kejenuhan dan learning lossyang dialami peserta didik selama pembelajaran daring. Learning loss merupakan kondisi hilangnya kemampuan kognitif dan psikomotorik pada diri peserta didik atau adanya kemunduran kemampuan akademik karena situasi tertentu missal adanya    ketidakseimbangan    yang    berkepanjangan    atau    ketidakberlangsugannya    kegiatan pendidikan (Cerelia et al., 2021).

Kekurangan dari PTM terbatas bagi guru adalah waktu yang diberikan sangat pendek sehingga kesulitan dalam menuntaskan materi, dan bagi siswa adalah menjadi kurang fokus saat pembelajaran berlangsung. Kelebihan dari PTM terbatas bagi siswa adalah mempermudah interaksi dengan guru dan materi yang sedang diajarkan, dan bagi guru adalah memudahkan dalam membentuk kelompok belajar dan dapat melakukan penilaian cepat terhadap pengetahuan siswa untuk mengukur seberapa kecerdasan dan pemahaman materi yang telah disampaikan sebelumnya.

Dari kelebihan dan kekurangan PTM terbatas tersebut menjadikan kita mempunyai pengalaman baru dalam menghadapi era yang dimana dituntut untuk melek teknologi dengan kemampuan terbatas. (*)

Penulis adalah Mahasiswa Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo.


Nama : Ryana Ayu Agus Tiara
NIM : 192180002
Email : ryanaayu85@gmail.com

Nama : Syabrina Nuraini Hidayat
NIM : 192180004
E-mail : syabrinahidayat5@gmail.com

Nama : Katya Osylany Pamungkas
NIM : 192180003
E-mail : k.osylany1610@gmail.com

Tentang Bagelen Channel

bagelenchannel.com | Berita Onlinenya Purworejo, Khas, Aktual, dan Inspiratif

Periksa Juga

Menyulap Bekas Talang Air  Menjadi Media Pembelajaran Lintasan GLB dan GLBB Yang Menarik

Oleh: Ghaniyu Faik A, Charisma Nabila, Retno Ayu Indah K Alat peraga dapat membantu siswa …