600 Lansia Wonosobo Datangi Purworejo

Purworejo | bagelenchannel.com – Sebanyak 600 orang lanjut usia (Lansia) dari Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Purworejo. Kunjungan kerja itu, dipimpin Wakil Bupati Wonosobo Ir. Agus Subagiyo, MSi. Kedatangan rombongan diterima oleh Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti, SH, yang saat ini menjabat sebagai Ketua Komda Lansia Kabupaten Purworejo. Rombongan diterima di Pendopo Rumah Dinas Bupati Purworejo dan disambut dengan senam bersama.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti, SH, mengatakan, bahwa dari tahun ke tahun jumlah kaum lanjut usia mengalami peningkatan, baik secara nominal maupun persentase terhadap jumlah penduduk.

“Ini berarti bahwa pembangunan yang kita laksanakan, telah menghasilkan capaian-capaian yang nyata. Meningkatnya jumlah kaum lanjut usia merupakan salah satu indikator usia harapan hidup secara nasional itu juga semakin tinggi,” katanya.

Lebih jauh dijelaskan bahwa terkait hal itu pemerintah wajib memikirkan aspek sosial dan aspek ekonomi dari penduduk berusia lanjut. Pemerintah harus memberikan dukungan dan perlindungan, agar kaum lanjut usia juga bisa menjalani kehidupannya dengan baik, serta dapat berkarya secara optimal.

“Untuk mewujudkannya Komda Lansia Kabupaten Purworejo telah membentuk komisi lansia di 494 desa/kelurahan, yang sudah terwujud di akhir 2017,” imbuhnya.

“Saya yang dituakan di Komda Lansia, juga sedang berupaya mendorong agar pihak-pihak terkait untuk membuat Peraturan Daerah tentang Lansia, yang alkhamdulillah mendapat dukungan positif dari Legislatif. Mudah-mudahan pada tahun 2018 ini, Perda Lansia sudah mulai dibahas di DPRD Kabupaten Purworejo,” harap Yuli Hastuti.

Baca juga: Miris Nenek Renta Hidup Sebatangkara di Rumah Reyot

Sementara itu Wabup Wonosobo Agus Subagiyo yang juga Ketua Komda Lansia mengatakan, kegiatan kunker ini dalam rangka peringatan HUT Lansia Kabupaten Wonosobo sebagai upaya untuk mempererat persatuan dan kesatuan Lansia dengan Purworejo. Juga sekaligus untuk mengenal Purworejo lebih dekat tentang program Lansianya. Terutama memupuk jiwa semangat mengabdi untuk daerah dan bangsa.

“Sebagai upaya memberikan teladan bagi generasi muda dalam turut serta membangun daerah sesuai bidangnya,” katanya.

(Widarto)